Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Panduan Penulis

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan oleh media lain maupun dalam proses dipublikasikan di media atau jurnal lain dan tidak mengandung plagiarisme.
  2. Penulis tidak diperbolehkan untuk mengirim naskah yang sama ke media lain selama proses tersebut, kecuali penulis telah menarik naskah tersebut dan telah mendapatkan pemberitahuan tertulis dari editor.
  3. Naskah ditulis dalam bentuk penelitian
  4. Penulisan naskah menggunakan Microsoft Words (doc / docx) dengan format font style arial, ukuran kertas A4 21 cm (width) 29,7 cm (height) dengan margin 2,5-2,5-2,5 -2 cm (Top-Left-Bottom-Right).
  5. Total halaman 6-12 termasuk referensi dan tabel.
  6. Judul, abstrak, dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  8. Abstrak bahasa Inggris harus ditempatkan di bawah abstrak bahasa Indonesia.
  9. Kata istilah asing yang digunakan pada naskah ditulis dengan style italic (ditulis miring).
  10. Gaya referensi adalah APA, penulis dapat mengunjungi (http://www.apastyle.org) untuk melihat contoh gaya referensi.
  11. Kegagalan untuk mematuhi pedoman penulis akan mengakibatkan penolakan; pengiriman ulang naskah dimungkinkan jika pedoman telah cukup diikuti.
  12. Naskah akan diserahkan kepada editor untuk ditinjau lebih lanjut hanya jika pedomannya cukup diikuti.
  13. Penulis harus merevisi naskah kapan pun diperlukan dalam waktu yang dialokasikan oleh editor.
  14. Editor memiliki hak istimewa untuk mengedit naskah, tentang bahasanya, tanpa mengubah esensi penelitian.
  15. Penulis yang menuntut naskah cetak akan mendapat dua eksemplar, tetapi hanya untuk penulis pertama (jika penulis lebih dari satu).

Sistematika naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  • Judul Naskah

Judul harus informatif ditulis dengan singkat dan jelas. Tidak boleh multi tafsir harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Ditulis dengan huruf kapital dan simetris. Judul naskah tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Ide utama harus ditulis pertama dan diikuti oleh penjelasannya. Judul naskah harus ditulis tidak lebih dari 20 kata, font Arial berukuran 12 pt, Cetak tebal dan dalam format teks tengah.

  • Identitas Penulis

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik (Bold, Font Arial 11) diikuti nama isntitusi dan email* penulis, baik penulis 1, penulis 2, dan seterusnya (Arial, 11). (* : alamat email penulis 1 sebagai email korespondensi)

 

  • Abstrak

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. Format penulian abstrak sebagai berikut: intisari dari penulisan (latar belakang dan tujuan), materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan (kesimpulan dan saran). Abstrak ditulis tidak lebih dari 250 kata dengan font arial ukuran 10, spasi tunggal, dan dalam satu paragraf. Abstrak dalam bahasa inggris ditulis miring (Italic)

  • Kata Kunci

Terdiri minimal 3 kata kunci dan maksimal 5 kata kunci yang setiap kata kunci dipisah oleh tanda titik koma (;), dan ditulis miring (italic) untuk key words (Font arial 10 spasi tunggal, dan cetak miring).

 

  • Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi paparan masalah, tantangan, yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, tujuan, dan hasil kajian pustaka. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf. (Arial, 11)

 

  • Materi dan Metode

Bagian materi berisi (alat dan bahan) yang digunakan dalam penelitian secara lengkap. (Arial, 11). Metode yang digunakan, tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, prosedur pengujian parameter, analisis data statistik untuk menganalisis data. Penulisan berbentuk paragraf. (Arial, 11)

 

  • Hasil dan Pembahasan

Bagian hasil dan pembahasan berisi hasil data yang telah dianalisis secara statistik, paparan hasil dan topik yang diangkat. Setiap data hasil harus dibahas dan didukung oleh data yang memadai. Pembahasan berisi tentang jawaban yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan dan dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Data tabel dan grafik (gambar) dirujuk dalam kalimat, misal, hasil penelitian dapat dilihat pada Tabel 1.  (Arial, 11)

 

  • Kesimpulan

Bagian ini adalah bagian yang berisi tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah jawaban dari rumusan masalah dan atau tujuan. Kesimpulan  harus menjadi ringkasan hasil seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan. Saran berisi tentang Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang terkait dengan aplikasi hasil penelitian dan pengembangan penelitian selanjutnya. disajikan dalam bentuk paragraf. (Arial, 11)

 

  • Ucapan Terima Kasih (Jika diperlukan)

Ucapan terima kasih bisa disampaikan kepada instansi yang memberi hibah penelitian sehingga kegiatan ini terlaksana. (Arial, 11)

 

  • Daftar Pustaka

Semua rujukan yang digunakan dalam naskah harus terdaftar di bagian ini. Pada bagian ini, semua rujukan yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan/atau sumber berupa buku) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Minimal setiap naskah harus memiliki sepuluh rujukan dan menggunakan standar APA fifth edition. (Arial, 11)

 

 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.