KEANDALAN (RELIABILITY) DAN DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) PADA KINERJA PELAYANAN DI SHOWROOM MBC

Authors

  • Ahmad Kamal Universitas Muslim Maros
  • Rusni Fitri Y Rusman Universitas Muslim Maros
  • Sitti Sohrah

DOI:

https://doi.org/10.33474/rekasatwa.v4i1.14602

Keywords:

keandalan, daya tanggap, kinerja, pelayanan

Abstract

Showroom Maiwa Breeding Center merupakan suatu perusahaan yang menyediakan pelayanan pemesanan jasa atau produk peternakan secara offline maupun secara online, melayani dan menyampaikan informasi ke pelanggan mengenai produk – produk peternakan yang ada di showroom MBC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) kinerja pelayanan showroom pada konsumen offline dan online Maiwa Breeding Center (MBC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai dengan Mei 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen showroom yang diperoleh pada bulan November sampai Desember dengan jumlah populasi 115 konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan terdapat 45 konsumen yang di jadikan sampel. Pengumpulan data di lakukan melalui obeservasi, wawancara dengan bantuan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analisys (IPA). Hasil penelitian mengenai kinerja pelayanan showroom pada konsumen offline dan online maiwa breeding center (MBC) bahwa pada pelayanan offline dan pelayanan online berada pada kategori baik atau terdapat pada kuadran B (Pertahankan).

References

Ayu, M. dan Slamet, A. 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan mengenai Kualitas Pelayanan Astra Motor Slawi di Kabupaten Tegal. Management Analysis Journal, 4 (4).

Citrawan, M. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Terang Motor Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Rusman, R F Y. 2019. Analisis Bauran Pemasaran pada Produk Chicken Nugget Merek So Good di Kecamatan Tamalanrea Makassar. JURNAL PETERNAKAN LOKAL, 1(2), 1-6.

Samsir, N. 2020. Pengaruh Keandalan dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa di Mahakarya Photography. Thesis: Universitas Negeri Makassar

Septiani, A. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Skripsi: Universitas Riau.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik; Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. 2012. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi

Ulvevadet B and V. H. Hausner. 2011. Incentives and Regulations to reconcile conservation and development: thirty years of governance of the Sami pastoral ecosystem in Finnmark Norway. Journal Environment Management 92 (10): 2794-2802.

Widjoyo, I.O., L.J. Rumambi dan Y. S. Kunto. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Konsumen pada Layanan Drive thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1 (1) : 1-12.

Zeithaml, V. B. M. dan D. Gremler. 2013. Services marketing Integrating Customer Focus Across the Firm 6th edition. McGraw Hill.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kamal, A., Rusman, R. F. Y., & Sohrah, S. (2022). KEANDALAN (RELIABILITY) DAN DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) PADA KINERJA PELAYANAN DI SHOWROOM MBC. REKASATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.33474/rekasatwa.v4i1.14602