KEANDALAN (RELIABILITY) DAN DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) PADA KINERJA PELAYANAN DI SHOWROOM MBC
DOI:
https://doi.org/10.33474/rekasatwa.v4i1.14602Keywords:
keandalan, daya tanggap, kinerja, pelayananAbstract
Showroom Maiwa Breeding Center merupakan suatu perusahaan yang menyediakan pelayanan pemesanan jasa atau produk peternakan secara offline maupun secara online, melayani dan menyampaikan informasi ke pelanggan mengenai produk – produk peternakan yang ada di showroom MBC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) kinerja pelayanan showroom pada konsumen offline dan online Maiwa Breeding Center (MBC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai dengan Mei 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen showroom yang diperoleh pada bulan November sampai Desember dengan jumlah populasi 115 konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan terdapat 45 konsumen yang di jadikan sampel. Pengumpulan data di lakukan melalui obeservasi, wawancara dengan bantuan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analisys (IPA). Hasil penelitian mengenai kinerja pelayanan showroom pada konsumen offline dan online maiwa breeding center (MBC) bahwa pada pelayanan offline dan pelayanan online berada pada kategori baik atau terdapat pada kuadran B (Pertahankan).
References
Ayu, M. dan Slamet, A. 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan mengenai Kualitas Pelayanan Astra Motor Slawi di Kabupaten Tegal. Management Analysis Journal, 4 (4).
Citrawan, M. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Terang Motor Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Rusman, R F Y. 2019. Analisis Bauran Pemasaran pada Produk Chicken Nugget Merek So Good di Kecamatan Tamalanrea Makassar. JURNAL PETERNAKAN LOKAL, 1(2), 1-6.
Samsir, N. 2020. Pengaruh Keandalan dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa di Mahakarya Photography. Thesis: Universitas Negeri Makassar
Septiani, A. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Skripsi: Universitas Riau.
Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik; Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F. 2012. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Ulvevadet B and V. H. Hausner. 2011. Incentives and Regulations to reconcile conservation and development: thirty years of governance of the Sami pastoral ecosystem in Finnmark Norway. Journal Environment Management 92 (10): 2794-2802.
Widjoyo, I.O., L.J. Rumambi dan Y. S. Kunto. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Konsumen pada Layanan Drive thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1 (1) : 1-12.
Zeithaml, V. B. M. dan D. Gremler. 2013. Services marketing Integrating Customer Focus Across the Firm 6th edition. McGraw Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
REKASATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan yang diterbitkan oleh Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Â
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa REKASATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada REKASATWA Jurnal Ilmiah Peternakan.
Â
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Pemberitahuan:
- Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan.
- Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi Creative Commons.
Â
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â