Kajian Kritis Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Nilai-Nilai Aswaja

Authors

  • Muhammad Yunus Universitas Islam Malang

Keywords:

Aswaja, Pendidikan Karakter, Pendidikan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Tujuan utamanya adalah mengelaborasi konsep pendidikan karakter yang diimplementasikan di Indonesia dan melihat nilai-nilai karakter tersebut dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Metode yang dipakai adalah kajian pustaka dengan telaah kritis terhadap nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dan nilai-nilai aswaja. Ditemukan bahwa ada relefansi atau keterikatan antara nilai-nilai aswaja dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Lima pendidikan karakter bangsa dan lima nilai-nilai aswaja memiliki nilai-nilai yang relefan dan tidak bertentangan satu dengan lainnya. Artinya adalah jika pendidikan mampu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut akan mampu mengantarkan peserta didik memiliki karakter sesuai dengan yang diharapkan, menjadi generasi bangsa yang ideal; toleran, harmoni, dan sebagainya. Disarankan pendidikan untuk terus memhembuskan baik nilai-nilai karakter aswaja ataupun karakter bangsa tersebut dalam proses pembelajaran sehingga mampu membentuk karakter anak bangsa yang toleran, terampil, terdidik, dan berdaya saing.

References

Arland. 2006. Paham Ahllussunnah wal Jama’ah yang dinut NU. (Online), (http://www.mail-archive.com/mencintai-islam@yahoogroups.com/msg01393.html, diakses 4 April 2008).

Darsono. 2006. Ahlussunnah Wal Jama’ah. Makalah disampaikan dalam Latihan Kader Aswaja LPITI Universitas Islam Malang tahun 2006.

Depdikbud. 1993. Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djiwandono, J. Soedjati. 2000. Globalisasi dan Pendidikan Nilai. Dalam Menggagas Paradigman Baru Pendidikan (Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi). Kanisius: Yogyakarta.

Djoko Saryono.2011. Desain Utama Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

Machfudh, Ahmed.2011.†Arah dan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah/ Madrasahâ€. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

Mudyahardjo, Redja. 2010. Filsafat Ilmu Pendidikan (Suatu Pengantar). Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Muzadi, Hasyim. 2007. Hasyim: Aswaja Harus diselamatkan. (Online), http://www.nu.or.id/, diakses 1 Juni 2008.

Pancasila, UUD 1945, UU. No. 20/2003 tentang Sisdiknas

Siraj, Said Aqil. 2001. Aswaja dan HAM (Tinjauan dari Visi Historis). Dalam Abdul Wahid (Eds.) Militansi Aswaja dan Dinamika Pemikiran Islam (hlm. 10-15). Aswaja Center: Unisma Press .

Soyomukti, Nuarani. 2010. Teori-teori Pendidikan. Ar Ruzz Media: Jogjakarta

Sudiyono, M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Rineka Cipta: Jakarta.

Syukur, Fatah. 2007. Pendidikan Islam (Humanisasi Nilai-nilai Islam). (Online), (http: citraedukasi.blogspot.com, diakses 1 Maret 2008).

Tholchah Hasan.2011.Pesantren dan Pembangunan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

___________.2006.Young Person’s Character Education Handbook. JIST Publishing, Inc.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Yunus, M. (2021). Kajian Kritis Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Nilai-Nilai Aswaja. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(1), 11–23. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10725