Paradigma Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) Dengan Pendekatan Kultural: Strategi Membangun Sikap Keberagamaan

Authors

  • Irfan Musadat Universitas Islam Raden Rahmat

Keywords:

Aswaja, Pendekatan Kultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun pemahaman keagamaan Ahlussunnah wal Jamaah melalui pendekatan kultural dengan harapan mampu membentuk sikap keberagamaan yang lebih mengedepankan nilai – nilai rahmatan lil alamiin dengan sikap moderat, toleran, tengah-tengah, adil dan tidak ekstrim serta radikal. Madzhab Ahlussunnah wal Jam’ah merupakan madzhab yang telah lama, yang merupakan manhajul fikri bagi organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama dalam menentukan arah gerakan ataupun pemikiran keagamaan yang meliputi aspek Aqidah, Syari’ah dan Akhlak atau Iman, Islam dan Ihsan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library research) yaitu suatu pendekatan yang dilaksanakan dengan menggunakan literature ( kepustakaan ), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitan dari penelitian terdahulu. Dalam tulisan ini penulis mencoba untuk memaparkan secara komprehensif tentang upaya memahami paham Ahlussunnah wal Jama’ah dengan pendekatan kultural dengan harapan mampu membangun sikap keberagamaan masyarakat yang toleran, moderat dan berupaya untuk menghindari pemahaman yang lebih mengarah kepada sikap keberagamaan yang intoleran atau lebih dikenal dengan radikalisme melalui pendekatan kepustakaan Librery Reseach dengan pengumpulan data melalui berbagai macam literature dan dokumen baik berupa catatan pribadi, buku, jurnal dan lainnya yang berkaitan dengan pembahasan tentang memahami Ahlussunnah wal Jama’ah dengan pendekatan kultural.

References

Jurnal Hunafa. Pendakatan Kultural. Vol. V No. 01, April 2008.

K.H Hasyim Asyari. 2018. Risalah Ahlusunnah Wal Jamaah, Pustaka Warisan Islam Tebu Ireng Jombang.

Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M Iqbal Hasan, 2002. Pokok – pokok materi Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Soejono dan Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian Suatu Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf Qardawi. 1997. Fiqih Peradaban Sunnah Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Musadat, I. (2021). Paradigma Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) Dengan Pendekatan Kultural: Strategi Membangun Sikap Keberagamaan. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(1), 59–73. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10741