PENDIDIKAN KARAKTER ASWAJA BERBASIS MULTIDISIPLINER
DOI:
https://doi.org/10.33474/annahdhoh.v3i2.15090Keywords:
pendidikan karakter, aswaja, multidisiplinerAbstract
Istilah aswaja sudah tidak asing didengar yang mana diindonesia terdapat organisasi NU yang mengikuti faham aswaja, namun banyak orang-orang yang mengaku faham aswaja namun hanya sekedar formalitas sedangkan nilai-nilai karakter aswaja sama sekali tidak nampak dalam pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter aswaja berbasis multidisipliner. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, seharusnya sebagai seorang pendidik sebelum materi disampaikan pada peserta didik diharapkan pendidik telah mengamalkan atau menerapkannya terlebih dahulu dalam pribadinya sendiri, maupun kehidupannya sehari-hari. Berdasarkan konsep ini akan lebih memudahkan pendidik dalam menyampaikan pengetahuan pada peserta didik, sebab hal ini seirama dengan watak manusia. Disamping itu peneliti menambahkan pemahaman, bahwa seharusnya antara pendidik dan peserta didik dalam mengajarkan dan menuntut ilmu harus memiliki sikap saling menghormati dan ikhlas  dalam menjalankannya, agar terjadi sebuah hubungan bukan hanya jasmani namun juga rohani.
References
Alifah, Fitriani. “pengembangan strategi pembelajaran afektif†5, no. vol 5 no 1 (2019): tadrib: jurnal pendidikan agama islam (Juni 2019). https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587.
Amirudin, Yoyok. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Aswaja†2 (November 2017).
Asifuddin, Ahmas. pendidikan islam basis pembangunan umat. solo: naashirussunnah, 2012.
Chamidi, Agus, dan Raisa Chamidi. “konsep baru pendidikan karakter mabadi khaira ummah†4 (2019).
Haryadi, Toto, dan Aripin. “melatih kecerdasan kognitif,afektif, dan psikomotorik anak sekolah dasar melalui perancangan game simulasi ‘warungku’†1 (2015).
Hasyim, Muhammad. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF UMAR BARADJA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN NASIONAL†1 (Desember 2015).
Ikhwan. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an†2 (2018).
Maimoen, Muh. Najih. AHLUSSUNNAH WAL JAMA`AH SEBUAH IDENTIFIKASI refleksi terhadap perkembangan aliran-aliran keagamaan dalam pandangan pesantren. jawa tengah, 2011.
Mardiah, Mardiah, dan Martina Napratilora. “konsep pendidikan karakter al-q``ur`an dan hadist†6 (2021). https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.443.
Nugraha, Syafitri. “KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER†8 (September 2016).
Rahmania, Nurani, dan Anita Nur Safitri. “Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Nahdlatul Ulama dalam Pembentukan Karakter†2 (Oktober 2021).
Ristianah, Niken. “KONSEP DAN URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER†5 (Maret 2020).
Rosyid, m. fairuz, dan R. umi Baroroh. “teori belajar kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa arab†4 (Agustus 2019).
Sholichah, Aas. “Pendidikan Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an†1 (2017).
Solikhan, Munif. “elaborasi nilai-nilai manajemen organisasi dalam al-qur`an surat as-shaff†1 (2015). https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%25x.
Sudikan, Setya. “PENDEKATAN INTERDISIPLINER, MULTIDISIPLINER, DAN TRANSDISIPLINER DALAM STUDI SASTRA†2, no. vol. 2 no. 1 (2015): vol2 no 1 bulan maret tahun 2015 (Maret 2015). https://doi.org/10.26740/parama.v2n1.p%25p.
Thohir, Muhyidin. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM AHLUSSUNAH WALJAMA’AH (ASWAJA) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) IAIMNU METRO LAMPUNG†7 (Januari 2021).
Wibowo, Amin, Ma`mun Nur, dan Muslih Karim. “INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ASWAJA (Stusi Analisis Aktivasi Nilai-nilai Keaswajaan)†18 (Desember 2018).