PENDEKATAN KAJIAN ISLAM PRESPEKTIF SARJANA MUSLIM DAN RICHARD C. MARTIN

Authors

  • Luthfi Hidayah Nur'aini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shofiyullah Muzammil Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/annahdhoh.v4i1.21240

Abstract

 

Abstrak

Pendekatan Studi islam merupakan suatu ilmu atau pengetahuan bagaimana cara kita mendekati atau mengenal lebih dalam tentang islam baik dari segi tauhid dan fiqih,sehingga dapat membentuk karakter manusian menjadi lebih baik dan beradap.Pendekata Studi islam merupakan suatu cara kerja ataupun cara berfikir seseorang untuk mengetahui dan mendalami islam secara luas dan menyeluruh agar tidak muncul pola fikir yang dangkal.Pendekatan studi islam adalah sebuah pendekatan atau proses pembelajaran yang memudahkan kita dalam memahami serta mendalami hakikat dari agama islam,dengan melakukan pendekatan studi islam kita lebih mengenal lebih dalam lagi tentang islam dan bagaimana berjalannya agama tersebut. Kajian akademik terhadap Islam dalam diskursus Kontemporer mengadaptasi metodologi dan epistemologi yang telah lama berkembang di Barat. Adaptasi terhadap metodologi keilmuan Barat (diyakini) menjadi sebuah keniscayaan sebagai perspektif dalam memandang Islam, dengan menggunakan paradigma seseorang, pendekatan dan metode yang terakumulasi dinamis dalam perkembangan ilmu pengetahuan tentang Islam. Hanya saja, perkembangan studi Islam bagi para ilmuan studi kajian agama masih terpecah belah berdasarkan perspektif yang dibangun. Sehingga pengajaran Islamic Studies terkesan menjadi dangkal, rentan terhadap konflik, tidak mendalam dan tidak komprehensif.

References

Daftar Pustaka

Shokhibul Mighfar, Studi Agama Perspektif Insider-Outsider, Jurnal Lisan Al-Hal, Volume 6, No. 2, 2012

Rizkim, Najrul Jimatul, Yurna, dkk, Metodologi Studi Islam (Perspektif Arkoun Dan Ibrahim

M. Abu Rabi), Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), Vol.1, No.3 , 2023

M. Amin Abdullah, Islam,Agama-Agama, Dan Nilai Kemanusiaan, (Yogyakarta: Cisform

(Center For The Study Of Islam And Social Transformation, 2013)

Andriyani, Isnannta Noviyani, Pendekatan Dalam Studi Islam (Richard C. Martin), Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Vol. 6.No.2, 2016.

Rubby Babullah, Yurna, dkk, Islam Dan Studi Agama-Agama: Telaah Atas Buku Approaches To Islam In Religious Studies Karya Ricard C. Martins, Journal of Social Humanities and Education, Vol. 2, No.3, 2023.

Sholihul Huda, Ragam Pendekatan Studi Islam Prespektif Richard C. Martin, Jurnal Studi Agama-agama, Vol.7 No.1, 2021.

Sokhi Huda, Kritik Pemikiran Richard C. Martin dalam Studi Agama dan Relevansinya dengan Studi Islam di Indonesia, Religio: Jurnal Studi Agama-agama, Vol. 4 No.1, 2014.

Muhammad Alvian, Indah Herningrum, dkk, Pendekatan Fenomenologi Dalam Pendidikan Islam Perspektif Richard C. Matrin, jurnal Istighna, Vol. 3 No. 2, 2020.

Richard C. Martin, pproaches to Islam in Religious Studies, terjemahan Zakiyuddin Baedhowi, pendekatan kajian Islam dalam Studi Agama, (Surakarta: Muhammadiyah Univrsity press, 2001).

Muhammad Sya’roni, Pendekatan Dalam Studi Islam Telaah Pemikiaran Carl W. Erns Dan Richard C Martin “Rethinking Islamic Studies From Orientalism To Cosmopolitanism”, Jurnal Cendekia, Vol. 9 No. 2, 2017.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Luthfi Hidayah Nur’aini, & Muzammil, S. (2024). PENDEKATAN KAJIAN ISLAM PRESPEKTIF SARJANA MUSLIM DAN RICHARD C. MARTIN. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 4(1), 43–57. https://doi.org/10.33474/annahdhoh.v4i1.21240