INSERSI PENDIDIKAN ASWAJA DALAM MENGUATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI MADRASAH ALIYAH DARUN NAJAH MALANG

Authors

  • Fadhilah Nisful Maulidiyah PPAI Darun Najah Malang
  • Safirah Iqbalul Hasanah PPAI Darun Najah Malang
  • Mohammad Rifqi Junaidi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/annahdhoh.v4i1.21681

Abstract

Salah satu dampak krisis negatif dari globalisasi yaitu kurangnya rasa cinta tanah air oleh pemuda bangsa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah insersi pendidikan aswaja dapat menguatkan karakter cinta tanah air pada siswa Madrasah Aliyah Darun Najah Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang mengarah pada studi naratif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan studi wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian ini adalah insersi pendidikan aswaja dapat menguatkan karakter cinta tanah air pada siswa Madrasah Aliyah Darun Najah Malang melalui kegiatan pembiasaan, kegiatan ekstrakurikuler dan juga kegiatan intrakurikuler. Adapun karakter cinta tanah air yang didapatkan dari insersi pendidikan aswaja antara lain; (1) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, (2) Menjaga dan melindungi negara, (2) Sikap rela berkorban/ patriotisme, (3) Indonesia bersatu, (4) Melestarikan budaya Indonesia, (5) Cinta tanah air, (6) Bangga berbangsa Indonesia, (7) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, (8) menghargai jasa para pahlawan, (9) semangat persatuan dan kesatuan, (10) kecintaan dan penghormatan terhadap pemimpin.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Nisful Maulidiyah, F., Iqbalul Hasanah, S., & Rifqi Junaidi, M. (2024). INSERSI PENDIDIKAN ASWAJA DALAM MENGUATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI MADRASAH ALIYAH DARUN NAJAH MALANG. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33474/annahdhoh.v4i1.21681