Faktor Keputusan Belanja Online Produk Pertanian Dan Non-Pertanian

Authors

  • Siska Bara Universitas Nusa Cendana
  • Doppy Roy Nendissa Universitas Nusa Cendana
  • Serman Nikolaus Universitas Nusa Cendana
  • Marthen R Pellokila Universitas Nusa Cendana
  • Nikmatul Khoiriyah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17691

Keywords:

Belanja Online, determinan, regresi logistik biner.

Abstract

Pemasaran produk menggunakan media online telah mendisrupsi sistem pemasaran produk konvensional. Studi ini untuk mengetahui faktor determinan pengunaan media online dalam pembelian produk pertanian dan non-pertanian. Data penelitian menggunakan data primer dengan pengukuran menggunakan skala likert untuk menemukan faktor determinan yaitu umur, pendidikan, metode pembayaran, kenyaman belanja, varian produk, harga, kepercayaan dan kemudahan belanja. Data dianalisis dengan pendekatan regresi logistik biner yaitu Logit Model. Hasil studi menemukan bahwa faktor pembelian online adalah umur dan pendidikan sedangkan enam variabel lainnya tidak signifikan. Hal ini menguatkan dugaan bahwa karaktersitik para penggunaan media online di daerah penelitian adalah masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami teknologi digital. Sebanyak 72 persen yang melakukan belanja online adalah para generasi muda, usia remaja dan dewasa awal. Para remaja dan dewasa awal cepat menyesuaikan dengan tren perubahan terknologi digital dan rasa ingin mencoba hal-hal baru. Pemasaran online melalui berbagai situs-aplikasi digital, belum banyak dikenal responden di daerah penelitian, sehingga keenam variabel tidak menjadi penentu dalam belanja online. Salah satu kendala utama di daerah penelitian adalah kesulitan jaringan internet sehingga perlu perluasan jaringan internet dan memberikan literasi dalam menggunakan aplikasi belanja online.   

References

Alfian, I. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online. J-MABISYA, 1(1), 27-42.

Atzori, L., Floris, A., Girau, R., Nitti, M., & Pau, G. (2018). Towards the implementation of the Social Internet of Vehicles. Computer Networks, 147, 132-145.

Budiana, B., & Amin, N. M. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 26-41.

Cacciapuoti, A. S., Caleffi, M., Tafuri, F., Cataliotti, F. S., Gherardini, S., & Bianchi, G. (2019). Quantum internet: networking challenges in distributed quantum computing. IEEE Network, 34(1), 137-143.Desember 2016.

Garnier, M., & Poncin, I. (2019). Do enriched digital catalogues offer compelling experiences, beyond websites? A comparative analysis through the IKEA case. Journal of Retailing and Consumer Services, 47, 361-369.

Hassan, Q. F., & Madani, S. A. (Eds.). (2017). Internet of things: Challenges, advances, and applications. CRC Press.

Karina, Ritdzi.(2013)â€Analisa Marketing mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanitaâ€. (jurnal manjemen pemasaran). Universitas Kristen Petra Vo 1.1No.2

Krisnawati, Yuke dan Fajrianthi, 2010 Analisis perbedaan Tingkat intensi membeli melalui media Internet (online shopping).

Ngwe, D., Ferreira, K. J., & Teixeira, T. (2019). The impact of increasing search frictions on online shopping behavior: Evidence from a field experiment. Journal of Marketing Research, 56(6), 944-959.

Nisar, K., Welch, I., Hassan, R., Sodhro, A. H., & Pirbhulal, S. (2020). A survey on the architecture, application, and security of software defined networking. Internet of Things, 100289.

Nurdiyanto, A. D., Huda, S., & Purnomo, M. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Melalui Marketplace. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 7(2), 81-90.

Park, S., & Lee, D. (2017). An empirical study on consumer online shopping channel choice behavior in omni-channel environment. Telematics and Informatics, 34(8), 1398-1407.

Rakasyifa, I., & Mukti, G. W. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayur dan Buah di Ritel Online (Suatu Kasus pada Konsumen Ritel Online di Jakarta). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 275-289.

Randal, H, dan Latupile, C. 2005. Plug- N-Play Internet.Indiana : Sam Publishing

Sakoikoi, J., & Priyanto, S. H. (2019). Determinan kepuasan belanja konsumen sayur online. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 13(2), 170.

Shankar, V., & Kushwaha, T. (2021). Omnichannel marketing: Are cross-channel effects symmetric?. International Journal of Research in Marketing, 38(2), 290-310.

Suara.com. (2020), Ini Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2020 per Provinsi. https://www.suara.com/tekno/2020/11/13/191253/ini-jumlah-pengguna-internet-indonesia-2020-per-provinsi . editor Suara.com.Liberty Jemadu | Dicky Prastya; Diunduh tanggal 5 Meret 2021.

Thomas, M. R., Kavya, V., & Monica, M. (2018). Online website cues influencing the purchase intention of generation z mediated by trust. Indian Journal of Commerce and Management Studies, 9(1), 13-23.

Tran, V. D. (2020). The relationship among product risk, perceived satisfaction and purchase intentions for online shopping. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(6), 221-231.

Yuwono, W., & Wiwi, J. (2021, April). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Online Di Kota Batam. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 2207-2220).

Veleva, P. (2019). Internet advertising-a marketing tool supporting e-commerce. Trakia Journal of Sciences, 17(1), 883-890.

Wijaya, P. S. M., & Teguh, C. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli di online shop specialis guess. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 7(2), 147-160

Wijaya, R., Triwardhani, D., & Yuliniar, Y. (2020, November). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Pada Kelompok Remaja. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 617-631).

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-22

How to Cite

Bara, S., Nendissa, D. R., Nikolaus, S., Pellokila, M. R., & Khoiriyah, N. (2022). Faktor Keputusan Belanja Online Produk Pertanian Dan Non-Pertanian. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17691