FA’AALIYAH ISTIHDAM LU’BAH "DOMINO" FI TANMIYAH KAFA’AH HIFDUL MUFRODAT LI TULLAB FASHL TSAMIN FIL MADROSAH AL MUTAWASSITOH MIFTAHUL ULUM MOJOKERTO

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PERMAINAN "DOMINO" DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM MOJOKERTO

Authors

  • Chudlori Irfan Unhasy

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v3i1.18953

Abstract

ABSTRAK

Mufrodat yang memadai dapat mendukung kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan Mufrodat adalah guru cenderung monoton dalam mentransfer materi kepada siswa. maka siswa akan mudah bosan dan siswa dengan cepat melupakan kosakata yang baru diterima. Ada pengembangan strategi pendidikan kosa kata pendidikan yang bertujuan untuk memperoleh pendidikan bahasa Arab yang efektif yaitu Permainan Domino dalam pengajaran bahasa Arab. Penenilitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa dalam pemerolehan pembelajaran kosakata dengan menggunakan strategi domino dan mengungkap perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa yang mempelajari kosakata menggunakan strategi Domino dan kekampuan siswa mempelajari kosakata tanpa menggunakan strategi Domino. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen  semu. Adapun sampel data dari penelitian ini berjumlah 54 siswa dari kelas 8 (B) dan (D) di Madrasah Miftahul Ulum Mojokerto. Peneliti menggunakan Uji Mann Whitney dan Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan dan pengaruhnya dalam penggunaan strategi Domino pada pembelajaran kosakata untuk siswa di Madrasah Miftahul Ulum Mojokerto. Setelah menganalisis data, peneliti memperoleh Nilai Asymp.Sig  0,001. Setelah perhitungan, hasil 0,001 < 0,05. Hal ini menerangkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya penggunaan permainan domino lebih efektif dari pada pembelajaran menggunakan metode konvensional.

 

Kata kunci: Mufrodat, Domino

Published

2023-02-23

Issue

Section

Articles