Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN

Dalam rangka menjaga serta meningkatkan kualitas jurnal, terdapat beberapa perubahan dalam petunjuk penulsan Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) mulai Vol. 5 No. 1 Maret (2020) dan setelahnya. Mohon penulis dapat mengikuti petunjuk ini secara seksama :

  1. Naskah yang dikirimkan pada JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen) hanya naskah yang bertemakan Akuntansi Keuangan, Pasar Saham, Manajemen akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, Audit, Pajak, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Strategis, Bisnis Internasional, Etika Bisnis, Bisnis Elektronik, Analisis Big Data Dalam Bisnis, Kewirausahaan dan dituliskan dalam Bahasa Indonesia dengan ejaan yang baik dan benar. Naskah dituliskan pada kertas ukuran A4 dengan format huruf Arial 11
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang menunjukkan unsur plagiarisme.
  3. Naskah merupakan karya asli penulis yang berbasis riset dan tidak pernah diterbitkan di tempat lain dan/atau tidak sedang dalam review jurnal lain. Dikarenakan ketidakpatuhan terhadap hal ini akan berakibat double plagiasi dari sisi penulis.
  4. Naskah yang dikirimkan WAJIB berbentuk Microsoft Word document format.
  5. Naskah wajib tersusun atas judul, nama, afiliasi, alamat email, abstrak dan kata kunci (Bahasa Indonesia), abstract dan keywords (Bahasa Inggris), pendahuluan, kajian teori, metodelogi penelitian, hasil analisis data, pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar pustaka.
  6. Penulis TIDAK DIPERKENANKAN untuk melakukan pembatalan proses naskah Ketika naskah telah memasuki tahapan review.

Berikut ini merupakan template terbaru JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen) yang berlaku mulai Vol. 5 No. 1 Maret (2020)

Secara ringkas susunan naskah JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen) mulai Vol. 5 No. 1 Maret (2020) harus mencakup hal mendasar sebagai berikut:

 

JUDUL

Penulisan judul harus jelas, menarik, benar-benar mencerminka isi naskah, dan tidak tersusun lebih dari 20 kata.

NAMA PENULIS

Tuliskan nama penulis dengan lengkap tanpa mencatumkan gelar.

AFILIASI

Tuliskan.secara berurutan departemen, universitas penulis.

EMAIL

Tuliskan secara lengkap alamat email penulis.

ABSTRAK - ABSTRACT

Abstrak naskah ditulis dua bahasa (Indonesia dan Inggris) pada bagian yang berbeda. Abstrak tidak berisi kutipan dan harus berisi penjelasan mengenai latar belakang penelitian, tujuan penelitian, keunikan, metose penelitian, hasil penelitian, serta hasil dan temuan secara ringkas tidak lebih dari 350 kata.

KATA KUNCI - KEYWORDS

Keywords atau kata kunci naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris pada section yang berbeda, jumlah kata kunci minimal adalah tiga dan maksimal adalah tujuh.

PENDAHULUAN

Pendahuluan yang baik harus mencakup; 1). Problem recognition and its significance; 2). Clear identification of the problem and the appropriate research questions; 3). Coverage of problem’s complexity; and 4). Well-defined objectives. Penulis diharapkan konsisten dalam menuliskan pendahuluan dikarenakan pendahuluan merupakan pintu awal bagi pembaca dalam memahami pentingnya riset ini dilakukan. 

KAJIAN TEORI

Kajian Teori Kajian teori dimaknai berupa ringkasan atau rangkuman dan teori yang ditemukan dari sumber bacaan (literatur) yang ada kaitannya tema yang akan diangkat dalam penelitian. Kajian teori ini dimaksudkan dalam rangka menelaah konsep-konsep atau variabel yang akan diteliti, untuk memberikan jawaban teoritik terhadap permasalahan penelitian yang telah dirumuskan.

TEORI A

Berisi teori inti baik dari buku dan jurnal (diutamakan) yang menjadi dasar utama dalam pembangunan sebuah hipotesis penelitian. Peneliti disarankan untuk hanya menyadur dari jurnal bereputasi nasional dan internasional dengan batas maksimum tahun terbitan 10 tahun ke belakang.

METODELOGI PENELITIAN

Berisi desain penelitian yang digunakan  baik berupa metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pengukuran variabel yang ditulis dalam bentuk paragraf mengalir

HASIL ANALISIS DATA

Berisi penjelasan mengenai deskripsi subyek ataupun obyek penilitian (boleh salah satu), output statistik seperti validitas, reliabilitas, dan luaran alat analisis (regresi, jalur, ataupun lainnya) yang ditulis dalam bentuk paragraph yang mengalir.  

PEMBAHASAN

Berisi hasil penelitian empiris atau kajian teoritis yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substantial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan.

SIMPULAN DAN SARAN

Berisi simpulan dengan perampatan yang meluas dari pembahasan hasil penelitian yang dituliskan dengan singkat dan jelas, menunjukkan kejelasan, sumbangan temuan, pencetusan teori baru dan kemungkinan pengembangan penelitian yang bisa dilakukan kedepannya. Implikasi teoritis dan praktis yang dituliskan dalam paragraf mengalir.

DAFTAR PUSTAKA

Secara keseluruhan, naskah baiknya memiliki 10-20 daftar pustaka. Sumber kutipan atau daftar pustaka naskah minimal 10 judul literatur ilmiah (80% sumber referensi primer dan 20% sumber referensi sekunder. Referensi primer terdiri atas jurnal, proceeding/makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, sedangkan referensi sekunder, seperti buku umum dan sumber internet. Penulis dimohon untuk hanya menyadur dari jurnal bereputasi nasional dan internasional. Penulisan daftar pustaka harus menggunakan manajemen aplikasi kepustakaan seperti Mendeley, EndNote, Zotero, RefWorks, or basic Microsoft Word References Manager dengan format APA Style.

Berikut contoh penulisan kepustakaan berbasis APA:

https://aut.ac.nz.libguides.com/APA6th/referencelist#s-lg-box-13427408

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 350000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.