ANALISIS MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BATU - JAWA TIMUR

ratna Budi Astutik, budiar budiar, masyhuri machfudz

Abstract


Abstrak

Masalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal ini kurang diatasi maka dapat menimbulkan masalah serta peningkatan kinerja pegawai yang bagus merupakan kunci sukses untuk membangun keberhasilan Puskesmas dalam melayani pasien. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pegawai, Puskesmas Dinoyo Kota Malang akan mampu mendapatkan profitabilitas yang diperoleh dari kepuasan pasien oleh sebab diharapkan mampu meningkatkan kualitasnya puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis pengaruh pelayanan Puskesmas dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang Jawa Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien atau pelanggan dari Puskesmas Dinoyo selama satu minggu pada bulan Nopember tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengaruh Puskesmas dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang  Jawa Timur  negatif dan tidak signifikan. Dalam penelitian ini juga mengindikasikan bahwa secara simultan pelayanan Puskesmas dan kinerja pegawai memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Puskesmas.

Kata kunci : pelayanan puskesmas, kinerja pegawai, kepuasan pelanggan

 

Abstract

            The purpose of this study is to analyze the motivation of work and leadership on the performance of employees at the Office of the Ministry of Religious Affairs of Batu City, to describe the obstacles that arise in improving the performance of employees at the Office of the Ministry of Religious Affairs of Batu City and to offer solutions that can be given so as to minimize the constraints in improve the performance of employees at the Office of the Ministry of Religious City of Batu. This analysis uses motivation, leadership and performance variables which is a census study because all of Civil Servant in Ministry of Religious Affairs Office of Batu City are 141 employees with questionnaire as many as 24 items of questions / statement. Statistical model using Descriptive Method and SEM Analysis. The results of this study indicate that the best indicator in forming Work Motivation variables is Working Conditions with the highest loading factor of 0.703. Thus if the management wants to raise the value of Work Motivation variable then the statistical recommendation of the indicators should be prioritized for improvement is the indicator of Work Conditions, the best indicator in forming Leadership variable is Perfectionist with the highest factor loading of 0.794. Thus if the management wants to raise the value of Leadership variable then the statistical recommendation of the indicators should be prioritized to be improved is the Perfectionist indicator and the best indicator in forming the Performance variable is Entrepreneurship with the highest loading factor of 0.837. Thus if the management wants to raise the value of Performance variables, the statistical recommendation of indicators should be prioritized for improvement is the Entrepreneurship indicator.

Keyword : Work Motivation, Leadership and Performance


Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat

Destu Aji Hanantoko, Rini Nugraheni .2017.Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Penjualan di PT. Perindustrian Bapak Djenggot Bergas, Semarang) Diponegoro Journal of Management. Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-8

Edward1, Sumarni2, dan Syahram Almaududi3, Pengaruh Kepemimpinan Transformational dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 2 No. 3 Juli – September 2014 ISSN: 2338 – 123X

Gede Restu Mahajaya1 Made Subudi2 , Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Kabupaten Badung, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 11, 2016: 7072-7099 ISSN : 2302-8912

Hasibuan,Malayu,S.P.,1996.Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Abdul. 2006. Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 165- 180

Jelita Caroline Inaray , Olivia S. Nelwan , Victor P.K. Lengkong.2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 16 No. 02 Tahun 2016

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2001. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Musanef, 1992. Manajemen Kepegawaian di Indonesia, Jakarta: PT.Gunung Agung.

Masyhuri Machfudz, 2014, Metodologi Penelitian Ekonomi, Malang: Genius Media

Masyhuri, Sani, 2010, Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang: UIN Maliki Press

Masykuri, Masyhuri, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Malang: Genius Media

Nerys Lourensius L.T., S.E., M.M., Pengaruh Gaji dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogjakarta, JBMA – Vol. III, No. 1, Maret 2016 ISSN : 2252-5483

Robbins, Stephen.P. 2003. Organization Theory: Structure, Design And Applications Third Edition, Singapore: Prentice HallInternational Inc.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi ke-16. Jakarta: Salemba Empat

Susanta, I Wayan Niko, Nadiasa, Mayun, Adnyana, Ida Bagus Rai. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Jasa Konstruksi di Denpasar. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Vol. 2 No. 2, Hal. 1 – 8.

Sedarmayanti. 1996 . Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya, Bandung: CV.Mandar Maju.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by: