PENGARUH BUDAYA LITERASI PAGI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 26 MALANG

Authors

  • Berliana Abel Faurina Universitas Islam Malang
  • Ifit Novita Sari Universitas Islam Malang
  • Syauqi Wafa Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/basa.v4i2.22543

Keywords:

interests, reading, habituation, books, programs

Abstract

Literacy is an individual's ability to read, write, speak, count, and solve problems at the level of skill required in everyday life. Literacy is not only limited to reading and writing skills but also includes digital, information, and media literacy. This study aims to measure the influence of morning literacy culture on the increase in students' interest in reading at SMP Negeri 26 Malang. The method used in this study is a quantitative approach using questionnaires as a data collection tool. The study results showed a positive influence between the morning literacy culture program at school and the increase in students' interest in reading. A structured and sustainable morning literacy cultural program can increase students' interest in reading.

Keywords: interests, reading, habituation, books, programs

 

ABSTRAK

Literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis saja, tetapi juga mencakup literasi digital, literasi informasi, dan literasi media. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh budaya literasi pagi terhadap peningkatan minat membaca siswa di SMP Negeri 26 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat  pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara program budaya literasi pagi di sekolah dengan peningkatan minat membaca siswa. Program budaya literasi pagi yang terstruktur dan berkelanjutan dapat meningkatkan minat baca siswa.

Kata Kunci: minat, membaca, pembiasaan, buku, program

 

References

Al-bidayah. (2018). Ika Fadilah Ratna Sari. 10(1).

Hasana, D. W. (2017). Pemanfaatan waktu belajar siswa diluar jam belajar sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Bangkinang. Jom Fisip, 4(2), 1–12.

Johnson, L. R. (2016). Cultural and social uses of orality and functional literacy: A narrative approach. Reading & Writing, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/rw.v7i1.119

Kemendikbud. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Edisi 2. 1–44.

Kirana, E. Y., & Madiun, U. P. (2023). Penerapan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Tematik. 4, 1322–1329.

Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017.

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Nahariyah, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Indonesia Tataran Kelas Kata Pada Anak Usia Empat Tahun. BASA Journal of Language & Literature, 2(2), 94–101.

Nurgiyantoro, B., Lestyarini, B., & Rahayu, D. H. (2020). Konstruk Asesmen Literasi Fungsional Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Litera, 19(2), 194–211. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i2.32977

PISA, O. (2022). Results Factsheets Indonesia.‖. The Language of Science Education, 1(2022), 1–9.

Rahim, F., & Ed, M. (2019). Pengajaran membaca di sekolah dasar.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.

Whitten, C., Labby, S., & Sullivan, S. L. (2016). THE IMPACT OF PLEASURE R3EADING 48 The impact of Pleasure Reading on Academic Success. The Journal of Multidisciplinary Graduate Research, 2(4), 48–64.

Williams, A. (2015). Walden University.

Williams, T. (2016). High School Science Teachers’ Perceptions of Teaching Content-Related

Downloads

Published

2024-10-31