MEMBANGUN ESENSI BANGSA YANG MEMILIK BERAGAM BUADAYA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.33474/multikultural.v6i2.18804Abstract
Pendidikan, termasuk pendidikan multikultural merupakan instrumen penting yang dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia atau subyek didik. Proses penyelenggaraan pembelajarannya menjadi proses yang menentukan terbentuknya karakter bangsa. Konstruksi karakter bangsa akan bisa menjadi karakter yang kuat, terutama dalam memedulikan kepentingan masyarakat dan bangsa, bilamana para penyelenggarannya punya komitmen kuat dalam mewujudkannya. Subyek didik yang dibentuk dengan wawasan dan teladan sikap dan perilaku yang menghormati nilai-nilai multikultural, diidealitaskan mampu menjadi subyek didik yang berkarakter nasionalistik dan humanistik.
Kata Kunci: pendidikan, pembelajaran, subyek didik, karakter bangsa
Education, including multicultural education is an important instrument that can have a major impact on the lives of humans or subjects. The process of organizing learning becomes the process that determines the formation of the nation's character. The construction of the nation's character will be a strong character, especially in caring for the interests of the people and the nation, when the organizers have a strong commitment to make it happen. Subjects of students who are formed with insights and examples of attitudes and behaviors that respect the values of multicultural, idealized can be a subject of nationalistic and humanistic characteristic.
Keywords: education, learning, subjects, character of the nation
References
Curtis, B., Krasner, H., & Iscoe, N. (1988). A field study of the software design process for large systems. Communications of the ACM, 31(11), 1268-1287.
Engineer, 1999 dan Hasan langgulung, dalam Moh. Sulton, Pendidikan Islam Berkarakter Pembebasan, Jakarta: Normana Media, 2012
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Minto Rahayu, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan (Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa), Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Misbah Said, 2011, Pendidikan untuk Kebangsaan, (Catatan Pendidik dalam menghadapi berbagai penyait yang merusak nasionalisme), Jakarta: Visi-Kebangkitan.
Muchlas Samani, Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Tholhah Hasan, 1987, Islam dalam Perspektif Sosial Budaya, Jakarta: Galasa Nusantara.
Mulyana, A., Adnan, H., Indriatmoko, Y., Priyono, A., & Moeliono, M. (2008). Belajar sambil mengajar: menghadapi perubahan sosial untuk pengelolaan sumberdaya alam. Cifor.
Musthafa Kamal Pasha, 2003, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), (Jakarta: Citra Karsa Mandiri.
Rahayu, M. (2007). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Grasindo.
Rahmat Hardian, 2008. Menjadi Bangsa Bermartabat, Surabaya: Lentera Pustaka.
Suntoro Hariadi, 2005, Mengenal Masyarakat Multikultural, Visimedia, Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal PENDIDIKAN MULTIKULTURAL yang diterbitkan oleh Doktor PAI Multikultural Program Pascasarjana Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.