PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB STUDI KASUS DI MTS SURYA BUANA
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v2i1.15449Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media kartu bergambar dalam proses penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Surya Buana. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini berlokasi di MTs Surya Buana, beralamat di Jalan Gajayana IV No. 631, Dinoyo, Kec. Lowokwaru Kota Malang. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Surya Buana. Peneliti memperoleh data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu bergambar telah memberi pengaruh yang positif dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Surya Buana. Pengaruh tersebut dibagi menjadi dua yakni; pengaruh internal dan pengaruh eksternal. Individu seorang siswa menjadi pengaruh internal dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Sedangkan yang menjadi pengaruh eksternal adalah peran guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Antusias, semangat, keaktifan, serta hasil penilaian tugas yang meningkat membuktikan bahwa media kartu bergambar berpengaruh baik dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di kelas VII A MTs Surya Buana.
References
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. ed 1, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press
Bachri S, Bachtiar. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif (Jurnal Teknologi Pendidikan) Vol. 10 No. 1 Surabaya
Dewi, Utami. 2015 Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ketrampilan Membaca Melalui Teka Teki Silang (Jurnal Puitika) Vol.11.,No. 1 hlm 83-84
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Fachrurrozi, Aziz, Mahyuddin, Erta. 2011. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Tangerang Pustaka Cendekia Utama
Hidayat. 2009. Bahasa ArabmMadrasah Tsanawiyah Kelas VIII, cet III. Semarang : Toha Putra
Munadhi, Yudi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Diva Press
Sadiman, S. Arif, dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Uno, B. Hamzah, Lamatenggo Nina. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Yin, K. Robert. 2011. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Suja’i, 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Strategi dan Mertode Pengembangan Kompetensi. Semarang : Walisongo Press
Fajriah, Zahrotun. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar (Jurnal Pendidikan Usia Dini) Vol.9.,No.1
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran (Jurnal Lingkar Widyaiswari) Ed. 1 No. 4 p,104-117
Dewi, Utami. 2015 Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ketrampilan Membaca Melalui Teka Teki Silang (Jurnal Puitika) Vol.11.,No. 1 hlm 83-84
Hasnah, Siti. 2015. Pembelajaran Kosakata (MufradÄt) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu (Jurnal Istiqra) Vol.3.,No.1
Hasyim Muhammad. 2019. تطوير مادة مهارة الكلام على أساس الثقاÙØ© المØلية الإسلامية. (Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan) Vol. 1., No.1
Hendri, Muspika. 2017. Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif (Jurnal Kependidikan Islam) Vol.3.,No.2
Istiqomah, Tauhidul. 2018. Penerapan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat. Jambi
Kostarika, Firda. 2016. , Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Penguasaan Kosakata, Purwokerto
MacTruck, Robert H, Morgan A. George. 1995. Mastery MotivationnConceptualizations andnApplication (New Jersey)
Makasau, Rosmayasinta. 2017. Pembelajaran Kosakata Secara Isidential (Pada Anak) Melalui Film Kartun Berbahasa Inggris (Jurnal Jumpa) Vol.V., No.2
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik (Jurnal Ekonomi&Pendidikan) Vol. 8 No. 1, Yogyakarta
Prihatsani, Unika, dkk. 2018. Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah Psikologi (Jurnal Buletin Psikologi) Vol. 26 No. 2, Yogyakarta
Qomaruddin, Ahmad. 2017. Implementasi Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat (Jurnal Kependidikan) Vol.5.,No. 1
Rianti Sari, Risna. 2018. The Use of Keyword and Imagery Mnemonic for Vocabularies Learning for AFL Students. (Jurnal Izdihar) Vol. 1 No. 2
Sanusi, Yusring B, dkk. 2016. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Dalam Membaca Teks Asli Bahasa Arab. (Journal of Arabic Studies) Vol. 1 No. 2, Makassar
Tambunan, Pandapotan. 2016 Pembelajaran Ketrampilan Berbicara di Sekolah Dasar (Jurnal Saintech) Vol. 08.,No .4, hlm 83
Unsi, Tuhfatul Baiq. 2014. Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Jurnal Tafaqquh) Vol. 2 No. 01
Rahardjo, Mudija. (2010, Mei). Mengenal Lebih Jauh Tentang Studi Kasus. dari https://www.uin.malang.ac.id/r/100501/mengenal-lebih-jauh-tentang-studi-kasus.html. diakses pada tanggal 25 Maret 2019
Firman . (2018, November). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Dari https://www.researchgate.net/publication/328675958_Analisis_Data dalam_Penelitian_Kualitatif. diakses pada tanggal 15 Maret 2019
Rizqi, Khaerur. 2013. Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Mufrodat Pada Siswa di SDLB Ne