PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS AL-MUSLIMUN NW TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v3i2.20047Abstract
ABSTRAK
Media Pop-Up Book merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah anak dalam mengetahui penggambaran bentuk suatu benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media pop up book dalam proses penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IX Khusus MTs Al-Muslimun NW Tegal. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di MTs Al-Muslimun NW Tegal, beralamat di Jalan Pariwisata Desa Meninting, Kec. Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX Khusus MTs Al-Muslimun NW Tegal. Peneliti memperoleh data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop up book telah memberi pengaruh yang positif dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IX Khusus MTs Al-Muslimun NW Tegal. Pengaruh tersebut berupa penguasaan kosakata dalam bahasa Arab. Antusias, semangat, keaktifan, serta hasil penilaian tugas yang meningkat membuktikan bahwa media pop up book berpengaruh baik dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di kelas IX Khusus MTs Al-Muslimun NW Tegal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Auni Islahatun Diniyati, Suparmanto Suparmanto, Iska Rahmatul Wipqi, Wiryan Hadi Anggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.