MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ARAB MODERN DI PONDOK SALAF: FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v3i2.20224Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan kurikulum dipengaruhi oleh bagaimana pengelolaan yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data dan seluruh informasi mengenai manajemen implementasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab modern di Pondok salaf serta faktor pendukung dan penghambatnya. Kurikulum yang digunakan pada beberapa pondok pesantren mulai berkembang, khususnya di Pondok Tahfidh Manba’ul Qur’an yang merupakan tempat penelitian ini dilakukan, yaitu dengan menggabungkan kedua kurikulum yang memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga memunculkan suatu konsep kurikulum baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya manajemen implementasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab Modern di Pondok Salaf masih banyak kekurangan yang harus bisa dilengkapi. Beberapa faktor pendukung yang dapat ditemukan adalah 1) Keaktifan pengajar, 2) Kontroling kepengurusan, 3) Konsekuensi,4) Program lain. Adapun beberapa faktor penghambat yang dapat ditemukan adalah 1) Jumlah pengajar, 2) Kemampuan pengurus, 3) Konsekuensi, 4) Program lain.
Kata kunci: kurikulum pembelajaran bahasa arab, kurikulum pondok modern dan salaf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Nuruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.