تطبيق تعليم النحو لترقية مهارة الكتابة لطالبات الفصل الثانى "إبتداء" في المعهد الإسلامي للبنات والى صانجا جومبانج
Penerapan Pembelajaran Nahwu dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Santri Kelas 2 Ibtida’ Madrasah Diniyyah di Pondok Pesantren Walisongo Cukir Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v3i2.20335Abstract
ABSTRAK
Maharah kitabah adalah keterampilan mendekskripsikan atau mengungkapkan isi hati melalui tulisan dengan tujuan memberi kefahaman kepada pembaca dan dengan maharah kitabah juga dapat menuangkan isi ide fikiran bebas menjadi suatu tulisan. Dan nahwu adalah salah satu sarana dalam memahami kaidah-kaidah bahasa arab yang berkaitan dengan keterampilan menulis. karena dalam memahami bahasa arab tidak hanya dengan membaca dan menghafal tetapi juga dengan menulis. Maka dari itu Maharah kitabah dapat membantu kebiasaan menulis bahasa arab yang merasa kesulitan dan belum mampu dalam menulis bahasa arab dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran nahwu. 2) untuk meningkatkan keterampilan menulis pada santri kelas 2 Ibtida’ Madrasah Diniyyah di Pondok Pesanatren Walisongo Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) implementasi pembelajaran nahwu untuk meningkatkan keterampilan menulis pada santri kelas 2 Ibtida’ madrasah diniyyah di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang menggunakan kitab Matan Jurumiyyah sebagai media pembelajaran, dalam penerapan pembelajarannya ini menggunakan model deduktif. 2) latar belakang santri belum bisa menulis bahasa Arab pada awalnya setelah mengenal pelajaran nahwu mampu menulis bahasa arab sesuai dengan kaidahnya, mampu membuat dan membedakan jumlah kalimah.
Kata Kunci: Maharah Kitabah, Nahwu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 rifqi nur azizah rifqi, Isniyatun Niswah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.