تطبيق أسلوب التدريبات (Drill) لتحسين مهارة الكلام لدى طلاب الصف الثامن ه بمدرسة منبع الصالحين المتوسطة سوجي منيار غرسيك

تطبيق أسلوب التدريبات (Drill) لتحسين مهارة الكلام لدى طلاب الصف الثامن ه بمدرسة منبع الصالحين المتوسطة سوجي منيار غرسيك

Penulis

  • Muhammad Farih Ridwan Universitas Kiai Abdullah Faqih

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v3i2.20474

Abstrak

 

ABSTRAK

Terdapat kebutuhan akan Bahasa Arab, akan tetapi kualitas peserta didik rendah, dan ini terjadi pada siswa kelas 8 MTs Mamba’us Sholihin. Oleh karena itu peningkatan harus dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik Drill agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam proses pembelajaran harus ada teknik yang digunakan agar siswa dapat memahami segala sesuatu yang diajarkan dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan mengamati objek dengan menggunakan kaidah metodologi tertentu untuk memperoleh data dan informasi yang berguna. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil dari penelitian ini adalah bahwa prosentase rata-rata peningkatan kemampuan berbicara siswa terus meningkat pada setiap pertemuan. Namun pada siklus I prosentase skor rata-rata tidak mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 25%. Kemudian pada siklus II prosentase hasil rata-rata mencapai 62,5%. Dalam hal ini dapat dikatakan tidak ada lagi kendala dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran pada penerapan teknik drill terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Mamba’us Sholihin. Kemudian rata-rata kenaikan antara prosentase dari siklus pertama ke siklus kedua adalah 81,25%.

Kata kunci: Metode drill, keterampilan berbicara.

 

 

 

Diterbitkan

2023-08-26

Terbitan

Bagian

Articles