ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VI DI SDI DARUL ARQOM SURABAYA

Authors

  • Oscar Wardhana Windro Saputro Sekolah Tinggi Agama Islam AlI Bin Abi Thalib Surabaya
  • Ramdhana Putra Sekolah Tinggi Agama Islam AlI Bin Abi Thalib Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v4i1.20869

Abstract

ABSTRAK

Bahasa arab belakangan ini menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari, karena bahasa arab merupakan sumber agama islam yang otentik. Akan tetapi dalam proses pembelajaran bahasa arab sering kali didapati berbagai kesulitan yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa arab pada siswa kelas VI SDI Darul Arqom Surabaya. Jenis penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi Pustaka. Hasil penelitian ini memngungkapkan bahwa secara garis besar faktor yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa arab bagi siswa kelas VI SDI Darul Arqom Surabaya setidaknya ada dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi; a) minimnya penguasaan kosakata, b) sulit mengungkapkan kalimat bahasa arab, c) rendahnya minat dan motivasi belajar. Faktor yang selanjutnya adalah faktor eksternal yang meliputi; a) penggunaan buku ajar yang kurang sesuai, b) kurangnya variasi dalam belajar, c) lingkungan belajar yang tidak mendukung.

Kata kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Kesulitan

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles