EFEKTIFITAS METODE DEDUKTIF “QIYĀSIYYAH” DALAM PEMBELAJARAN ISM AL-MAṢDAR DAN DERIVASINYA DI MTS MAMBAUS SHOLIHIN SUCI
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v4i1.21246Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode deduktif “Qiyāsiyyah” dalam pembelajaran Ism al-Maṣdar dan derivasinya pada siswi kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Para peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya akan dianalisis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode deduktif “Qiyāsiyyah” efektif digunakan dalam pembelajaran Ism al-Maṣdar dan derivasinya di MTs Mambaus Sholihin. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan prosentase 2,72 <5,4> 2,03 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, sehingga hipotesis nol tertolak. Dengan demikikian penggunaan metode deduktif “Qiyāsiyyah” memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Ism al-Maṣdar dan derivasinya.
Kata kunci: Metode Deduktif, Isim Mashdar, Nahwu Shorof.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Sabilar Rosyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.