TA’TSIRU TA’ALLUMI AN NAHWI “AL IMRITHI” ALA KAFA’ATI QIROATI AL KUTUBI AT TUROTSIYAH LI TOLABATI AL FASHLI AS TSANI FI AL MA’HAD AL ISLAMI “MANBA’U AL FUTUH” TUBAN
Peranan Pembelajaran Nahwu "Imrithi" pada Kemampuan Siswa Kelas Dua Pondok Pesantren "Manba'ul Futuh" Tuban
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v4i2.21846Abstract
ABSTRAK
Artikel ini mengkaji tentang pengaruh kegiatan mengaji nahwu pada kemampuan membaca kitab klasik murid kelas 2 di pondok pesantren putri manbail futuh Tuban. penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kegiatan mengaji kitab Imrithi santri kelas 2 di Pondok Pesantren Putri Manbail Futuh Tuban. (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Putri Manbail Futuh Tuban. (3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan mengaji kitab Imrithi santri kelas 2 pada kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Putri Manbail Futuh Tuban. Metode yang digunakan Kuantitatif dengan test, Angket, wawancara, dan dokumentasi. kemudian dianalisis dengan menggunakan uji produk moment , Adapun Hasil penelitian: (1) kegiatan mengaji nahwu di kelas 2 kelas 2 di pondok pesantren putri manbail futuh Tuban berjalan dengan baik. (2) kemampuan membaca kitab santri kelas 2 di pondok pesantren putri manbail futuh berjalan dengan baik. Namun, hasil tes menunjukkan bahwa nilai baca kitab masih tergolong rendah.(3) setelah dilakukan berbagai uji pada hasil angket dan tes yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa tidak ada pengaruh dari kegiatan mengaji nahwu pada kemampuan membaca kitab kuning santri di pondok pesantren putri manbaul futuh.
Kata kunci: Nahwu, Kemampuan Membaca
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faza Fauziataz Zaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.