TAHLILU AL MUKHTAWA AL LUGHOWI MIN KITABI AT TA’LIMI “BAHASA ARAB” LIL FASHLI AS SADISI AL IBTIDA’I TA’LIFU HILMI QOSIM WA M. RIDLO MUSLIM ALA NADZORIYATI RUSYDI A. THU’AIMAH

Analisis Konten Bahasa pada Buku Ajar "Bahasa Arab" Kelas 6 SD Karya Hilmi Qosim Mubah dan M. Ridlo Muslim Menggunakan Pendekatan Rusydi A. Thuaimah

Authors

  • Ghulam Alim Muhammad STAI Ali bin Abi Thalib
  • Abdul Basid STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya
  • Musta'in STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v4i2.21862

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian konten linguistik dari buku pembelajaran "Bahasa Arab" untuk kelas enam sekolah dasar yang ditulis oleh Hilmi Qasim Mubah dan Muhammad Ridho Muslim, dengan teori Rashid Ahmad Thu’aima. Penelitian ini merupakan penelitian analisis, dan menganalisis konten buku dari sisi bahasa dengan pendekatan kuantatif.  Metode pengumpulan data dengan cara mengamati buku dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku pembelajaran "Bahasa Arab" untuk kelas enam sekolah dasar yang ditulis oleh Hilmi Qasim Mubakh dan Muhammad Ridho Muslim, dari segi konten linguistik sesuai dengan teori Rusdi Ahmad Thu’aima dalam penyusunan buku, dengan tingkat kesesuaian sebesar 76.25% dinilai sesuai.

Kata kunci: Analisis Bahasa, Buku Ajar

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles