EKSPLORASI DINAMIKA PEMBELAJARAN: INOVASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MI SUNAN GIRI MALANG

Authors

  • mustaufir Universitas Islam Malang
  • Nur Arifuddin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Abdillah Universitas islam malang
  • Mahmudatul Hasanah Universitas islam malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v4i2.22216

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengeksplorasi dinamika pengajaran bahasa Arab di SD Sunan Giri Malang dengan fokus pada inovasi, tantangan dan solusi dalam pengembangan kurikulum. Pendidikan bahasa Arab menghadapi tuntutan era globalisasi dan kemajuan teknologi, yang memerlukan inovasi kurikulum untuk memenuhi kebutuhan zaman. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi implementasi kurikulum dan mengidentifikasi tantangan serta solusi dalam konteks SD Sunan Giri. Metodologi kualitatif dengan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Guru bahasa Arab di SD Sunan Giri menjadi responden dan data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum bahasa Arab di sekolah sudah menunjukkan kemajuan, namun masih terdapat tantangan seperti persepsi kesulitan bahasa Arab oleh siswa.

Kata kunci: Dinamika Pembelajaran, manjemen kurikulum.Bahasa Arab

Downloads

Published

2024-08-31 — Updated on 2024-08-31

Versions

Issue

Section

Articles