FA’ALIYATU AN NASYATHOTI AL LUGHOWIYATI KULLA SHOBAHI FI TARQIYATI MAHAROTI AL KALAMI
Efektifitas Aktifitas Berbahasa Pagi dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v4i2.22395Abstract
ABSTRAK
Keterampilan berbicara dianggap sebagai bagian utama dari kurikulum pengajaran bahasa asing. Ini adalah keterampilan produktif yang mengharuskan pelajar untuk dapat menggunakan suara secara akurat, dan menguasai bentuk tata bahasa dan sistem pengurutan kata yang membantunya mengungkapkan apa yang ingin ia katakan dalam situasi percakapan. Sayangnya, siswa yang tidak berbahasa Arab merasa kesulitan dalam berbicara dan memahami teks, terutama dalam pengucapan huruf yang benar. Permasalahan lain yang peneliti temukan adalah metode pengajaran yang digunakan guru membosankan sehingga membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini berfokus pada kegiatan linguistik untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri pondok pesantren Al-Huda dan mengetahui efektifitas kegiatan berbahasa di pondok pesantren Al-Huda Bawyan.
Metode penelitian eksperimen ini menggunakan pre-and post-test untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas seluruh aktivitas linguistik dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri pondok pesantren Al-Huda Bawyan Jawa Timur adalah efektif. Kegiatan linguistik setiap pagi membuat siswa merasa bersemangat dan mudah dalam meningkatkan keterampilan berbicara serta kemudahan dalam menerapkan tuturan.
Kata Kunci: Aktivitas Linguistik, Keterampilan Berbicara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Arisandi, Ahmad Abdan Cemerlang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.