FA’ALIYATU AN NASYATHOTI AL LUGHOWIYATI KULLA SHOBAHI FI TARQIYATI MAHAROTI AL KALAMI

Efektifitas Aktifitas Berbahasa Pagi dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam

Authors

  • Yusuf Arisandi Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda'wah Pasuruan
  • Ahmad Abdan Cemerlang Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v4i2.22395

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara dianggap sebagai bagian utama dari kurikulum pengajaran bahasa asing. Ini adalah keterampilan produktif yang mengharuskan pelajar untuk dapat menggunakan suara secara akurat, dan menguasai bentuk tata bahasa dan sistem pengurutan kata yang membantunya mengungkapkan apa yang ingin ia katakan dalam situasi percakapan. Sayangnya, siswa yang tidak berbahasa Arab merasa kesulitan dalam berbicara dan memahami teks, terutama dalam pengucapan huruf yang benar. Permasalahan lain yang peneliti temukan adalah metode pengajaran yang digunakan guru membosankan sehingga membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini berfokus pada kegiatan linguistik untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri pondok pesantren Al-Huda dan mengetahui efektifitas kegiatan berbahasa di pondok pesantren Al-Huda Bawyan.

Metode penelitian eksperimen ini menggunakan pre-and post-test untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas seluruh aktivitas linguistik dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri pondok pesantren Al-Huda Bawyan Jawa Timur adalah efektif. Kegiatan linguistik setiap pagi membuat siswa merasa bersemangat dan mudah dalam meningkatkan keterampilan berbicara serta kemudahan dalam menerapkan tuturan.

Kata Kunci: Aktivitas Linguistik, Keterampilan Berbicara

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles