PENGARUH ATTRACTIVENESS REVIEW VLOGGER TERHADAP PENINGKATAN AWARENES WISATA HALAL UNTUK GENERASI MILENNIAL DENGAN KEPUTUSAN BERWISATA SEBAGAI MEDIATOR

Authors

  • M. Mustaqim Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nanik Wahyuningtiyas Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v7i2.16283

Abstract

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan menjelaskan (1) Untuk mengetahui pengaruh Attractiveness berpengaruh terhadap Keputusan Berwisata; (2) Untuk mengetahui Attractiveness Expertise berpengaruh  terhadap Awareness; (3) Untuk mengetahui pengaruh Keputusan Berwisata berpengaruh terhadap Awareness; (4) Untuk mengetahui pengaruh Attractiveness terhadap Awareness  melalui Keputusan Berwisata sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah wisatawan yang berkunjung di kawasan Pantai Malang Selatan. Pengujian analisis mengunakan path analisys. Hasil penelitian ini menunjukkan  a. Dalam pengujian awal dilihat dari nilai signifikannya variabel attractiveness berpengaruh positif terhadap keputusan berwisata, ini berarti jika attractiveness seorang vlogger meningkat dalam mereviev suatu tujuan wisata maka akan meningkat pula keputusan berwisata dari calon wisatawan yang menonton video vlogger tersebut. b. Hasil pengujian dari variabel attractiveness berpengaruh positif terhadap awareness ini berarti jika attractiveness seorang vlogger meningkat dalam mereviev suatu tujuan wisata maka akan meningkat pula awareness dari calon wisatawan yang menonton video vlogger tersebut. c. Hasil pengujian dari variabel keputusan berwisata berpengaruh positif terhadap awareness ini berarti jika variabel keputusan berwisata meningkat maka awareness akan wisata halal dari para wisatawan millennial pun akan meningkat. d. Hasil uji pengaruh attractiveness berpengaruh terhadap awareness melalui Keputusan Berwisata sebagai mediasi, didapati bahwa keputusan berwisata merupakan mediasi dikarenakan adanya peningkatan nilai pengaruh langsung dan dari hasil pengujian yang melalui varabel keputusan berwisata.

Kata Kunci:  Attractiveness, Keputusan Berwisata, Awareness

 

            This study aims to analyze and explain (1) to determine the effect of attractiveness on travel decisions; (2) To find out Attractiveness Expertise has an effect on Awareness; (3) To determine the effect of Travel Decisions on Awareness; (4) To determine the effect of Attractiveness on Awareness through Travel Decisions as a mediation. This study uses a data collection method with a questionnaire, with a quantitative approach. The population that is the object of research is tourists who visit the South Malang Beach area. Testing the analysis using path analysis. The results of this study indicate a. In the initial test, seen from the significant value of the attractiveness variable, it has a positive effect on travel decisions, this means that if the attractiveness of a vlogger increases in reviewing a tourist destination, it will also increase the travel decisions of potential tourists who watch the vlogger's video. b. The test results of the attractiveness variable have a positive effect on awareness, this means that if the attractiveness of a vlogger increases in reviewing a tourist destination, the awareness of potential tourists who watch the vlogger's video will also increase. c. The test results of the travel decision variable have a positive effect on awareness, this means that if the travel decision variable increases, the awareness of halal tourism from millennial tourists will also increase. d. The results of the attractiveness effect test affect awareness through Travel Decisions as a mediation, it was found that the decision to travel is a mediation due to an increase in the value of direct influence and from the test results through the travel decision variables.

Keywords:  Attractiveness, Travel Decision, Awareness

 

References

Awalia, Hafizah. Komodifikasi Pariwisata Halal NTB dalam Promosi Destinasi Wisata Islami Di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi. Volume 1. Ed 1. March 2019. Page 19-30. Universitas Airlangga Indonesia

Darwis, Riadi. Inventarisasi Khazanah Kuliner Tradisional Desa Pakuwon Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut Dalam Konteks Pengembangan Kampung Wisata Halal. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Tourism Jurnal Kajian Komunikasi, Scientific Journal, Vol 2 Nomor 2 Juni 2017.

Febriana, Mitha. Edy Yulianto. Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 58 No. 1 Mei 2018 Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang.

Pratiwi, Soraya Ratna Pratiwi. Susanne Dida. Nuryah Asri Sjafirah. Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung Junal Kajian Komunikasi. Volume 6, No. 1, Juni 2018, hlm. 78-90 Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. Universitas Padjajaran

Rahmawan, Detta. Hanny Hafiar. Jimi Narotama M. Peran Vlogger Sebagai Online Inflluencer dalam Industri Media Digital di Indonesia (Vlogger's Role as Infographic in Digital Media Industry in Indonesia). Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. PROMEDIA, Volume Ke-3, N0 2. 2017.

Sarashadi, Ginsan. Amina Sukma Dewi. Pengaruh Penggunaan Vlogger Endorse pada Iklan Dalam Membentuk Niat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 18, No. 1, 2018 : 41 -52 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.

Sholikhah, Nurul Inniyatis. Pengaruh Travel Motivation Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Niat Berkunjung Pada Pariwisata Syariah Pulau Santen Banyuwangi. Skripsi. 2018. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 23. Bandung. Alfabeta.

Supranto, J. 1997. Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, edisi ke 6 (Revisi). Jakarta. Rineka Tama.

Wahyulina, Sri. Sri Darwini. Weni Retnowati. Sri Oktaryani. Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Penunjang Wisata Halal Dikawasan Desa Sembalun Lawang Lombok Timur. Jurnal Magister Manajeman Universitas Mataram. 2018. Magister Manajemen Universitas Mataram

Downloads

Published

2022-10-08

Issue

Section

Articles