ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB DI ZOYA PURWOKERTO

Authors

  • Syafi'ah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i1.19391

Abstract

 

            Perilaku pembelian konsumen mengacu pada tindakan yang diambil oleh konsumen selama penelitian, pemilihan, akuisisi, pemanfaatan, evaluasi, dan akhirnya membuang barang dan jasa yang dimaksudkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Pengetahuan perusahaan tentang perilaku pelanggan mencakup solusi untuk masalah seperti "apa yang harus dibeli", "di mana membeli", "bagaimana kebiasaan" ("seberapa sering membeli"), dan "dalam kondisi apa" ("dalam keadaan apa" ) dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Meneliti bagaimana kualitas produk, harga, pemasaran, dan saluran distribusi semuanya berperan dalam keputusan pembelian akhir konsumen adalah tujuan utama penyelidikan ini. Menurut sig, kualitas suatu produk memang berperan dalam keputusan akhir pembelian konsumen. Persentasenya kurang dari lima persen, tepatnya 0,006 0,05. Nilai sig menunjukkan bahwa harga tidak berperan besar dalam keputusan akhir konsumen. 0,78 > 0,05 menunjukkan bahwa hitungan tersebut signifikan secara statistik. Nilai sig menunjukkan bahwa iklan tidak memiliki dampak nyata pada pilihan konsumen. 0,736 lebih besar dari 0,05, maka tingkat signifikansinya lebih tinggi. Bukti menunjukkan bahwa saluran distribusi berdampak besar pada pilihan konsumen. Jumlahnya kurang dari 0,05, khususnya 0,012 0,05. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, promosi, dan saluran distribusi hanya menyumbang 31,4% dari varian belanja konsumen, sedangkan 68,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, saluran distribusi dan keputusan pembelian.

 

            Consumer buying behaviour refers to the actions taken by consumers during the research, selection, acquisition, utilization, evaluation, and eventual discard of goods and services intended to meet their wants and needs. The company's knowledge of customer behavior includes the solutions to issues like "what to buy," "where to buy," "how are habits" ("how often to buy"), and "under what condition" ("under what circumstances") in relation to purchasing decisions. Researching how product quality, price, marketing, and channel of distribution all play a role in consumers' final buying decisions was the primary goal of this investigation. According to the sig, the quality of a product does play a role on consumers' final purchasing decisions. The percentage is less than five percent, specifically 0.006 0.05. The sig value indicates that the price does not play a substantial role in consumers' final decision. 0.78 > 0.05 indicates that the count is statistically significant. The sig value indicates that advertising has no noticeable impact on consumer choice. 0.736 is bigger than 0.05, hence the significance level is higher. The evidence shows that distribution channels have a major impact on consumer choice. There are fewer than 0.05 of them, specifically 0.012 0.05. A linear regression analysis shows that factors such as product quality, price, promotion, and distribution channels account for just 31.4% of the variance in consumer spending, while the remaining 68.6% is impacted by other factors.

Keywords: prodak quality, price, promotion, distribution channels and purchase decisions.

 

Downloads

Published

2023-03-23

Issue

Section

Articles