PENGARUH PERSEPSI DAN PARTISIPASI DALAM MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN: STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Haunan Damar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro
  • Pradana Jati Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro
  • Mochammad Eric Suryakencana Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i1.19455

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan partisipasi konsumen dalam manajemen rantai pasok berkelanjutan terhadap produk smartphone di Kota Semarang. Penelitian ini juga menguji apakah niat pembelian memediasi kemauan membayar lebih pada konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei kuesioner, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah populasi tidak terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung niat pembelian terhadap kemauan membayar lebih. Hasil juga menunjukkan adanya pengaruh persepsi dan partisipasi dalam manajemen rantai pasok berkelanjutan terhadap niat pembelian dan kemauan membayar lebih.

Kata Kunci : Kemauan Membayar Lebih; Persepsi; Partisipasi; Sustainable Supply Chain Management; Smartphone

 

            This study aims to determine consumer perception and participation in sustainable supply chain management of smartphone products in the city of Semarang. This study also examines whether purchase intention mediates consumers' willingness to pay more. The data collection method used was survey questionnaire, the sampling method used was purposive sampling with an unlimited number of population. The result of this study indicates that there is a direct effect of purchase intention on willingness to pay more. The results also show that there is an influence of perception and participation in sustainable supply chain management.

Keywords : Willingness to Pay More; Perception; Participation; Sustainable Supply Chain Management; Smartphone

Downloads

Published

2023-03-18

Issue

Section

Articles