MEMBANGKITKAN BISNIS UMKM MELALUI PENTA HELIX SEBAGAI EKONOMI PROGRESIF
DOI:
https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20190Keywords:
UMKM, Penta Helix, Ekonomi ProgresifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengembangkan potensi UMKM terpadu berbasis wilayah, peningkatan kemampuan digital UMKM, replikasi kemitraan strategis UMK dan UMK, serta pengembangan ruang produksi bersama bagi sentra UMKM. Dengan tujuan ekonomi progresif berupaya untuk mempengaruhi pasar melalui kebijakan atau aturan main yang mampu meningkatkan kesejahteraan kaum miskin dan mengurangi ketimpangan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Konsep Penta Helix merupakan evolusi dari konsep Triple Helix dengan mengintegrasikan peran akademisi, pengusaha, pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan kreatif dan pengetahuan. Melalui kerjasama Penta Helix, pemerintah daerah dapat memberikan tanggungjawab pemberdayaan komunitas atau masyarakat kepada perguruan tinggi sehingga sumberdaya yang dimiliki dapat dipergunakan dengan lebih optimal.
Kata Kunci: UMKM, Penta Helix, Ekonomi Progresif
The purpose of this research is to identify and develop the potential of regional-based integrated MSMEs, increase digital capabilities of MSMEs, replicate MSEs and MSEs strategic partnerships, and develop joint production spaces for MSME centers. With the goal of a progressive economy trying to influence the market through policies or rules of the game that are able to increase the welfare of the poor and reduce income inequality and social welfare. The Penta Helix concept is an evolution of the Triple Helix concept by integrating the roles of academics, entrepreneurs, government and society in creative and knowledge activities. Through the Penta Helix collaboration, local governments can give community or community empowerment responsibilities to universities so that their resources can be used more optimally.
Keywords: SMEs, Penta Helix, Progressive Economy
References
Buku
Abdullah, Faisal. 2013. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Ahmaddien, Iskandar., dan Syarkani, Yofy. 2019. Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: Institut Teknologi Bandung
Andriatno, dkk. 2019. Manajemen Bank. Surabaya: CV Penerbit Qiara Media
Astarina, dkk. 2015. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Deka, R.E., Nurhajati, N. and Rachma, N., 2020. Pengaruh brand association dan brand awareness terhadap brand loyalty melalui brand trust pada start up fintech OVO. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 4(1), pp.96-107.
Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta
Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta
Financial Accounting Standards Board (FASB). 1980. “Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No.2: Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan”
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro
Harahap, Sofyan Syafri. 2018. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Cetakan ke-14. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
katan Akuntan Indonesia. 2011. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan, edisi revisi (2015)
Kasiram, Mohammad. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Keenam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2014. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Maith, Hendry Andres. 2013. Analisa Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna. Tbk. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sam Ratulangi, Manado. [diakses pada 20 November 2020]
Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat, Cetakan ke-17 Yogyakarta: Liberty, Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).
Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian, Cetakan ke-11. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurhajati, N., Rachma, N., Deka, R.E. and Azwar, E., 2018. Inovasi disruptif: Tantangan dan peluang bagi UKM. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(2), pp.214-226.
Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat, Edsi Revisi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi keempat. Yogjakarta: BPFE
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surat Edaran Bank Indonesia No.6/ 23./DPNP tanggal 31 Mei 2004
Syamsudin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers
Van Horne, James C., dan Wachowicz, Jr. John M. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi ketigabelas. Jakarta: Salemba Empat
Website
Idris, Muhammad. 2020. Persaingan Antar-bank BUMN yang Jadi Sorotan Erick Tohir..https://money.kompas.com/read/2020/07/04/123955726/persaingan-antar-bank-bumn-yang-jadi-sorotan-erick-thohir?page=all [diakses pada 2 Januari 2021]
OJK. https://www.ojk.go.id/ [diakses pada 13 November 2020]
https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/administrasi/apa-itu-net-interest-margin/(diakses tanggal 18 Oktober 2022)
https://www.kajianpustaka.com/2020/12/loan-to-deposit-ratio-LDR.html(diakses tanggal 18 Oktober 2022)
https://accurate.id/ekonomi-keuangan/capital-adequacy-ratio/(diakses tanggal 18 Oktober 2022)
https://pintu.co.id/blog/pengertian-dan-cara-menghitung-car (diakses tanggal 18 Oktober 2022)
https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/18681/surat-edaran-bank-indonesia-nomor-623dpnp-tahun-2004/document?utm_medium=pusatdata (diakses tanggal 18 Oktober 2022)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.