MEMBANGKITKAN BISNIS UMKM MELALUI PENTA HELIX SEBAGAI EKONOMI PROGRESIF

Authors

  • Karina Utami Anastuti Prodi Administrasi Bisnis Universitas Islam Malang
  • Rio Era Deka Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20190

Keywords:

UMKM, Penta Helix, Ekonomi Progresif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  mengembangkan potensi UMKM terpadu berbasis wilayah, peningkatan kemampuan digital UMKM, replikasi kemitraan strategis UMK dan UMK, serta pengembangan ruang produksi bersama bagi sentra UMKM. Dengan tujuan ekonomi progresif berupaya untuk mempengaruhi pasar melalui kebijakan atau aturan main yang mampu meningkatkan kesejahteraan kaum miskin dan mengurangi ketimpangan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Konsep Penta Helix merupakan evolusi dari konsep Triple Helix dengan mengintegrasikan peran akademisi, pengusaha, pemerintah dan masyarakat  dalam kegiatan kreatif dan pengetahuan. Melalui kerjasama Penta Helix, pemerintah daerah dapat memberikan tanggungjawab pemberdayaan komunitas atau masyarakat kepada perguruan tinggi sehingga sumberdaya yang dimiliki dapat dipergunakan dengan lebih optimal.

Kata Kunci:  UMKM, Penta Helix, Ekonomi Progresif

 

The purpose of this research is to identify and develop the potential of regional-based integrated MSMEs, increase digital capabilities of MSMEs, replicate MSEs and MSEs strategic partnerships, and develop joint production spaces for MSME centers. With the goal of a progressive economy trying to influence the market through policies or rules of the game that are able to increase the welfare of the poor and reduce income inequality and social welfare. The Penta Helix concept is an evolution of the Triple Helix concept by integrating the roles of academics, entrepreneurs, government and society in creative and knowledge activities. Through the Penta Helix collaboration, local governments can give community or community empowerment responsibilities to universities so that their resources can be used more optimally.

Keywords:  SMEs, Penta Helix, Progressive Economy

References

Buku

Abdullah, Faisal. 2013. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Ahmaddien, Iskandar., dan Syarkani, Yofy. 2019. Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Andriatno, dkk. 2019. Manajemen Bank. Surabaya: CV Penerbit Qiara Media

Astarina, dkk. 2015. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Deka, R.E., Nurhajati, N. and Rachma, N., 2020. Pengaruh brand association dan brand awareness terhadap brand loyalty melalui brand trust pada start up fintech OVO. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 4(1), pp.96-107.

Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Financial Accounting Standards Board (FASB). 1980. “Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No.2: Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan”

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro

Harahap, Sofyan Syafri. 2018. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Cetakan ke-14. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

katan Akuntan Indonesia. 2011. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan, edisi revisi (2015)

Kasiram, Mohammad. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Keenam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2014. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Maith, Hendry Andres. 2013. Analisa Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna. Tbk. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sam Ratulangi, Manado. [diakses pada 20 November 2020]

Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat, Cetakan ke-17 Yogyakarta: Liberty, Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian, Cetakan ke-11. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurhajati, N., Rachma, N., Deka, R.E. and Azwar, E., 2018. Inovasi disruptif: Tantangan dan peluang bagi UKM. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(2), pp.214-226.

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat, Edsi Revisi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi keempat. Yogjakarta: BPFE

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Bank Indonesia No.6/ 23./DPNP tanggal 31 Mei 2004

Syamsudin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers

Van Horne, James C., dan Wachowicz, Jr. John M. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi ketigabelas. Jakarta: Salemba Empat

Website

Idris, Muhammad. 2020. Persaingan Antar-bank BUMN yang Jadi Sorotan Erick Tohir..https://money.kompas.com/read/2020/07/04/123955726/persaingan-antar-bank-bumn-yang-jadi-sorotan-erick-thohir?page=all [diakses pada 2 Januari 2021]

OJK. https://www.ojk.go.id/ [diakses pada 13 November 2020]

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/administrasi/apa-itu-net-interest-margin/(diakses tanggal 18 Oktober 2022)

https://www.kajianpustaka.com/2020/12/loan-to-deposit-ratio-LDR.html(diakses tanggal 18 Oktober 2022)

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/capital-adequacy-ratio/(diakses tanggal 18 Oktober 2022)

https://pintu.co.id/blog/pengertian-dan-cara-menghitung-car (diakses tanggal 18 Oktober 2022)

https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/18681/surat-edaran-bank-indonesia-nomor-623dpnp-tahun-2004/document?utm_medium=pusatdata (diakses tanggal 18 Oktober 2022)

Downloads

Published

2023-09-01

Issue

Section

Articles