PENINGKATAN MINAT BELI ULANG MELALUI KEPERCAYAAN, PROMOSI, E- SERVICE QUALITY, SERTA KEMUDAHAN DI TOKOPEDIA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Mahmud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro
  • Suhita Whini Setyahuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro
  • Mochammad Eric S.W Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro
  • Galuh Tri Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20193

Keywords:

Kepercayaan, promosi, e-service quality, kemudahan,, kepuasan konsumen, minat beli ulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, promosi, e-service quality, dan kemudahan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di Tokopedia. Sampel yang diambil sebanyak 100 konsumen. Teknik pengambilan sampelnya purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis bagian pertama menunjukkan bahwa : Kepercayaan, Promosi, E-Service Quality dan Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.  Sedangkan analisis bagian kedua yaitu Kepercayaan, Promosi, E-Service Quality dan Kemudahan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat beli ulang. Kemudian Kepuasan Konsumen berdampak secara signifikan dan positif terhadap minat beli ulang

References

Abid, M. M. F., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh E-Security dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Lazada di Fisip Undip. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26227

Agrhiantika, A., Rosha, Z., & Manajemen, P. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Ease Of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee Di Kota Sungai Penuh Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36

Basyar, K., & Sanaji, S. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p204-217

Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Market Place Shopee Di Sleman DIY. Jurnal Optimal, 18(1), Article 1.

Dewi, S. P. M., & Atiningsih, S. (2019). Peran Struktur Modal dalam Memediasi Pengaruh Strategi Diversifikasi, Kepemilikan Institusional, dan Kebijakan Dividen terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri yang Terdaftar di BEI Tahun 2013–2017). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2.

Edmon Makarim, A. (2010). Tanggung jawab hukum penyelenggara sistem elektronik. Universitas Indonesia Library; Rajawali. https://lib.ui.ac.id

Elisa, E. (2020). Pengaruh E - Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Tiket Di KAI Access Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa Pengguna Aplikasi Kai Access). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), Article 3. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p999-1005

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8

Fiona, D. R., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Promosi penjualan dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26434

Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.447

Murwanti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Service Motor Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.17970/jrem.16.60106.ID

Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2019). The Effect of Shopee e-Service Quality and Price Perception on Repurchase Intention: Customer Satisfaction as Mediation Variable. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 47. https://doi.org/10.33455/ijcmr.v1i1.86

Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Somethinc. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(4), 668–679. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.405

Sulistiowati, Y., & Chan, S. (2021). Analysis of the effect of ease of use promotion and security on consumer repurchase intention digital saving through customer satisfaction| International Journal of Innovative Science and Research Technology. https://ijisrt.com/analysis-of-the-effect-of-ease-of-use-promotion-and-security-on-consumer-repurchase-intention-digital-saving-through-customer-satisfaction

Wingsati, W. E., & Prihandono, D. (2017). Pengaruh Penanganan Kegagalan Layanan, Kepercayaan, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen.

Wulandari, O. A. D., Pradiva, F. A., & Aziz, G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kegunaan Terhadap Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Pengguna Ovo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 17(2), Article 2. https://doi.org/10.29313/performa.v17i2.7213

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/15/2014-2023-nilai-transaksi tokopedia terbesar- dibandingkan-e-commerce-lainnya , Diakses terakhir tanggal 14 Mei 2023 pukul 11.00.

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia, Diakses terakhir tanggal 11 Mei 2023 pukul 11.30

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia, Diakses terakhir tanggal 11 Mei 2023 pukul 11.45

https://www.tokopedia.com/about/our-story, diakses terakhir tanggal 11 Mei 2023 pukul 13.13

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di indonesia. Diakses terakhir tanggal 14 Mei 2023 pukul 10.00.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200503153210-185-499553/kronologi-lengkap-91-juta-akun-tokopedia-bocor-dan-dijual , Diakses terakhir tanggal 19 Mei 2023 Pukul 14.00

Downloads

Published

2023-10-06

Issue

Section

Articles