PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Taufikur Rahman Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang
  • Rena Feri Wijayanti Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20558

Keywords:

e-service quality, price discount, keputusan pembelian, shopee

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-service quality dan price discount terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Data penelitian ini diperoleh dari 100 responden yang merupakan konsumen generasi Z di Kabupaten Sumenep. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden pernah melakukan pembelian di Shopee, pernah mendapat diskon, dan pernah menghubungi customer service. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarluaskan kuesioner secara online melalui Google Forms dan data diolah dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan E-service quality dan price discount memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee baik secara parsial maupun simultan.

 

This research aims to test and analyze the influence of E-service quality and price discount on purchasing decisions in the Shopee marketplace. The data for this study was collected from 100 respondents who are Generation Z consumers in Sumenep Regency. The sampling technique used was purposive sampling with the criteria that respondents have made purchases on Shopee, received discounts, and contacted customer service. The research was conducted by distributing an online questionnaire through Google Forms, and thedata were processed using SPSS. The results of this study indicate that E-service quality and price discount have a significant influence on purchasing decisions in the Shopee marketplace, both partially and simultaneously.

 

References

Adinda, A. A. (2021). Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Konsumen Yogya Sunda Department Store di Kota Bandung). 18-19.

Annur, C. M. (2022, September 20). Teknologi & Telekomunikasi. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022

Annur, C. M. (2022, Juni 28). Teknologi & Telekomunikasi. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/28/e-commerce-terpopuler-di-kalangan-anak-muda-siapa-juaranya

Balawera, A. (2021). Green Marketing dan Corporate Social Responbility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado. 2119.

Ghozali, I. (2017). Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 14. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2021). Principle Of Marketing 18e Global Edition. Harlow: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14/E. Harlow: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15/E. Harlow: Pearson Education.

Lwanga, S. K., & Lemeshow, S. (1991). Sample Size Determination In Health Studies. World Health Organization.

Ngatno. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Semarang: Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG.

Pahlevi, E., & Basuki, A. (2022). Pengaruh Brand Extension, Potongan Harga, Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Volume 01 No 1.

Parasuraman, A., Zeithaml, A. V., & Malhotra, A. (2005). E-S-Qual:A Multiple-Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal Of Service Research, Volumen 7 No. X, 1-21.

Wolfinbarger, M., & Gilly, M. C. (2003). eTailQ: dimensionalizing, measuring and predicting etail quality. Journal Of Retailing, 79, 183-198

Downloads

Published

2023-10-15

Issue

Section

Articles