PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KETERSEDIAAN FITUR, NORMA SUBJEKTIF TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING

Authors

  • Agung Nugroho Lutfi Imam Fahrudi Universitas Brawijaya
  • Anni Rahimah Universitas Brawijaya
  • Nanik Wahyuningtiyas Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20677

Keywords:

Persepsi Keamanan, Ketersediaan Fitur, Norma Subjektif, Keputusan Penggunaan, loyalitas, Mobile banking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi keamanan, ketersediaan fitur dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan mobile banking secara parsial. Persepsi keamanan, ketersediaan fitur dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penggunaan mobile banking secara parsial. Persepsi keamanan, ketersediaan fitur dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penggunaan mobile banking melalui keputusan penggunaan. Studi ini menggunakan metode survei daring untuk mengumpulkan data dari pengguna aplikasi mobile bangking yang beragam. SEM analisis digunakan untuk menguji pengaruh dengan menggunakan Smart-PLS sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keamanan dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan mobile banking dan ketersediaan fitur tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan. Variabel yang berpengaruh langsung terhadap loyalitas adalah variabel persepsi keamanan sedangkan norma subjectif dan ketersediaan fitur tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna mobile banking. Persepsi keamanan, ketersediaan fitur dan norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui keputusan penggunaan.

 

This research aims to analyze the influence of security perceptions, feature availability and subjective norms which have a significant partial effect on the decision to use mobile banking. Perceived security, feature availability and subjective norms have a significant effect on partial loyalty in using mobile banking. Perceptions of security, feature availability and subjective norms have a significant influence on loyalty in using mobile banking through usage decisions. This study uses an online survey method to collect data from various mobile banking application users. SEM analysis is used to test the effect using Smart-PLS as an analysis tool. The results of this research indicate that perceived security and subjective norms have a significant influence on the decision to use mobile banking and feature availability does not have a significant influence on the decision to use. The variable that has a direct effect on loyalty is the perceived security variable, while subjective norms and feature availability do not have a significant effect on the loyalty of mobile banking users. Perceived security, feature availability and subjective norms do not have a significant effect on loyalty through usage decisions.

 

 

References

Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Industrial Digitalization and Its Impact On Labor ANd Employment Relationships In Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2). https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6751/Publikasi Jurnal Satrio %28PDF%29.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Aditya, I. M. F., & Putra, I. M. P. E. (2021). Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Norma Subjektif, Kualitas Informasi dan Minat Penggunaan: Studi pada Pengguna E-commerce. E- Jurnal Akuntansi, 31(5), 1318–1330.

Bakhtiar, M. R., Kartika, E., & Listyawati, I. (2020). Faktor-faktor pengaruh minat nasabah pengguna internet banking Bank Syariah Mandiri. Al Tijarah, 6(3), 156–167.

Banjari, F. Al. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Digital Platform Travel (Traveloka, Tiket.com, Pegipegi) Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Extended Expectation- Confirmation Model (ECM) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56026/1/Fazrin Al Banjari .pdf

Dahlan, K. S. S., Purwanto, E., Bachtiar, D., Septiani, K. M., Ridhwan, N., Susanto, D. A., Marey, D. R. E., & Deviny, J. (2020). Technology adoption: a conceptual framework (E. Purwanto (ed.); Issue August). Yayasan Pendidikan Philadelphia. https://www.researchgate.net/profile/Edi-Purwanto-3/publication/343760168_TECHNOLOGY_ADOPTION_A_CONCEPTUAL_FRAMEWORK/links/5f3e16e7458515b72930dfa9/TECHNOLOGY-ADOPTION-A-CONCEPTUAL-FRAMEWORK.pdf

Dewi, E. R. K., & Artanti, Y. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Pengaruh Sosial dan Kebiasaan Terhadap Niat Beralih Pada Pengguna Dompet Digital. E-Journal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(09), 777–788.

Iqbal, J., Heriyani, & Urrahmah, I. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Global Financial Accounting Journal, 05(02).

Irawan, T., Pramudya, A. hendardi, & Manafe, L. A. (2021). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM “ BEVERAGEBEE ” di Sidoarjo. Media Mahardika, 19(3), 523–533.

Kamyab, M., & Delafrooz, N. (2016). Investigating the Effect of Personality Traits , Subjective Norms and Perceptions of Customers on using Internet Banking. Indian Journal of Science and Technology, 9(January), 1–8.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Mile). PT. Prehalindo.

Natalia, O., & Tesniwati, R. (2015). The Effect Of Perception Of Trust , Perception Of Ease Of Use , Perception Of Benefits , Perception Of Risk And Perception Of Service Quality On Interest In Using Mobile Banking Bank Independent In Bekasi City. International Journal Of Science, Technologi & Management, 1722–1730.

Negara, S. B. C. (2018). The Influence of Accessibility , Personal Sales and Interest in the Decision of Use of Micro Business Credits ( KUM ) and Customer Loyalty ( Study on Customer of BANK MANDIRI Sepanjang Kota Sidoarjo ). IJIEEB: International Journal Of Integrated Education, Engineering and Business, 1(2), 84–90.

Nugroho, A., Najib, M., & Simanjuntak, M. (2018). Factors Affecting Consumer Interest In Electronic Money Usage With Theory Of Planned Behavior ( TPB ). Journal of Consumer Sciences, 03(01), 15–27.

Nugroho, S. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Melalui Situs Belanja Tokopedia. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6751/Publikasi Jurnal Satrio %28PDF%29.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Parera, N. O., & Susanti, E. (2021). Customer loyalty based on mobile banking usability. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business (IDEB), 2(1), 39–48.

Priya, K., & Suganya, S. (2019). A Study on Consumer Behaviour Related to Samsung Mobile Usage with Special Reference to. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(6), 2057–2061.

Sakti, R. A. (2020). Pengaruh Perilaku , Norma Subjekif , dan Kontrol Perilaku terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan iB Amanah di Bank NTB Syariah. Schemata, 9(1), 87–102.

Soeroji, A., Maskur, A., & Tjahjaningsih, E. (2020). Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Prilaku Yang Dipersepsikan Terhadap Niat Pinjam KUR Mikro (Studi Pada Nasabah BRI Di Pati). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat, 978–979.

Sufyan, Y., & Mas, F. (2022). Determinant Model of Decision to Use the Online Donation Platform : Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior Approach Model Determinan Keputusan Penggunaan Platform Donasi Online : Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory of Pla. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(6), 884–897. https://doi.org/10.20473/vol9iss20226pp884-897

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. B. Alfa Beta.

Tjiptono, Fandy, P. D., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction edisi 4. Andi.

Venkatesan, T. (2021). A Study on Sustainability of Payment Banks in India using Technology Acceptance Model A Study on Sustainability of Payment Banks in India using Technology. Internal Review of Business and Economics, 5(1).

Wandi, J., Bachri, S., & Perubak, B. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Keuntungan, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Nasabah BNI Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 6(1), 88–96.

Zulhawati, Ariani, M., & Harsono, B. (2022). The effectiveness of using the digital wallet “ OVO ” in the Jakarta , Indonesia. Research in Business & Social Science (IJRBS), 11(3), 61–72.

Downloads

Published

2023-10-09

Issue

Section

Articles