PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOYALITAS, DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH PADA TK STRADA INDRIYASANA DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33474/jimmu.v9i2.22336Keywords:
Kualitas layanan, Loyalitas, Citra sekolah, Keputusan memilih sekolahAbstract
Peserta didik pada sebuah lembaga pendidikan merupakan bagian yang terpenting untuk melaksanakan program pembelajaran. Namun, saat ini lembaga pendidikan harus berjuang sungguh-sungguh untuk mendapatkan peserta didik. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya satuan lembaga pendidikan yang berada pada satu daerah yang sama dan terjadinya penurunan angka kelahiran pada satu daerah.Meningkatkan skill (hard &soft skill) dari pengajar dan karyawan sesuai dengan perkembangan zaman merupakan salah cara untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi dari orang tua. Hal ini diharapkan dapat berdampak pada sikap loyalitas orang tua dan citra sekolah yang terbangun secara positif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, loyalitas dan citra sekolah terhadap keputusan memilih sekolah pada TK Strada Indriyasana di Jakarta. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dengan mengambil sampel 44 responden orang tua dengan kriteria sudah 2x memilih TK Strada Indriyasana padah tahun ajaran 2023-2024. Data penelitian diolah secara kuantitatif deskripsi dengan Teknik Analisa menggunakan software aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini didukung oleh data primer dengan emnggunakan kuesioner. Analisis penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kualitas layanan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan memilih sekolah. (2) Loyalitas berpengaruh positif terhadap keputusan memilih sekolah. (3) Citra sekolah berpengatuh positif terhadap keputusan memilih sekolah. (4) Kualitas layanan, Loyalitas dan Citra sekolah secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan memilih sekolah pada TK Strada Indriyasana di Jakarta.
References
Amina Divina P, Ahmad Saifullah, Maisyaroh (2023). Strategi Manajemen Humas dalam Meningktakan Citra Pendidikan Dasar. Media Menejemen Pendidikan.
Benhardy, K. A., Hardiyansyah, Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: Mediating brand trust. Management Science Letters, 10(14), 3425–3432. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.5.035
Enno Setiawan, Haryantini (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Orang tua dalam memilih sekolah pada SMP Katolik Sang Timur di Tangerang. JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation.
Faridhoh, Eneng Muslihah, Umi Kultsum, Agus Gunawan, (2020). Education Marketing Management : Strategy for Improving Customer Loyalty in Cilegon Private Vocational School. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan.
Hardani, Andriani, R. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Imam Safi’i, Budhi Akbar, Ishaq Nuriadin, Subali, (2022). Survei Kepuasan Lulusan terhadap Kualitas pelayanan di Perguruan Tinggi : Upaya Evaluasi Pengendalian Dan Peningkatan Muti Lembaga. Manajemen Pendidikan.
Lala Aulia Sanria Rani, Jaka Nugraha, (2021). The Effect of Service Quality, School Image, and Student Satisfaction on Loyalty. E
Lenny Meitha Wulur, Theresia Militina, Gusti Noorlitaria Achamd, (2020). Effect of Service Quality and Brand Trust On Customer Satisfation and Customer Loyalty Pertamina Hospital Balikpapan.International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR).
Muhamamd Aulia Mahbub, Roni Jayawiangun, Diana Amaliasari (2023). Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orang tua memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit. Jurnal Riset Public Relations (JRPR).
Paul Mensah Agyei, James M. Kilika, (2014). Relationship between Corporate Image and Customer Loyalty in the Mobile Telecommunication Market In Kenya. Management Studies.
Rahmadani Hidayat, Nusyirwan, Safrizal, (2023). The Effect Of Service Quality on Student Satisfaction and Student Loyalty at Madrasah Aliah Negeri Pekanbaru. Dinasti International Journal of Economics, Finance and Accounting (DIJEFA).
Setio Pramono, Ma’mun Sarna, Jono M Munandar (2017). Kepuasan dan Loyalitas Siswa dan Orang tau terhadap Penggunaan Layanan Online Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Tampilan Laman (Web) di SMK Negeri 1 Kota Bogor.Jurnal Manajemen dan Organisasi.
Slamet Heri Winarno, Aloysius Rangga Aditya Nalendra, Bryan Givan, (2020). The Effect of Service Quality, Corporate Image, and Price Perceived in Creating Customer Satisfaction and Loyalty on Education Busines.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta, CV.
Wardhana, A. (2022). Brand Image dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art Of Branding, January.
Yu-Chuan Chen, (2016). The Impact of Marketing Strategies and Satisfaction on Student Loyalty: A Structural Equation Model Approach
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Klement.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.