ANALISA STRATEGI CUSTOMER FOCUS UNTUK PENGUATAN USAHA PELAKU UMKM YANG TERGABUNG MENJADI ANGGOTA KOPERASI (Studi Pada Koperasi SAE-Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur)

Authors

  • Ita Athia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang
  • Ridwan Basalamah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i1.2632

Abstract

Dewasa ini merupakan masa perekonomian yang semakin berat untuk dihadapi dunia usaha. Sektor UMKM dengan berbagai kelemahan yang dimilikinya dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks pula. Keberadaan sektor UMKM akan lebih kuat jika diintegrasikan ke dalam usaha yang lebih besar. Koperasi merupakan badan usaha yang potensial melakukan penguatan dan pengintegrasian sektor UMKM. Oleh karena itu koperasi harus terus berbenah diri dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai organisasi usaha yang berdaya saing tinggi. Sehingga bersama-sama pelaku UMKM menghimpun kekuatan melalui koperasi dan bersama-sama bisa memperkuat posisi dan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perspektif strategi yang bisa diterapkan koperasi untuk memusatkan pelayanan berkualitas yang diberikan pada anggotanya. Dengan fokus pada pelayanan terbaik yang diberikan pada anggota (customer focus), koperasi dapat memberikan manfaat kepada para anggotanya. Pemberian manfaat akan berdampak pada kepercayaan dan loyalitas yang diberikan anggota pada koperasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara individu dan kelompok, observasi dan dokumentasi. Narasumber yang diambil sebanyak delapan orang, yaitu manajer, humas dan enam anggota koperasi SAE. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pelaksanaan customer focus memberikan manfaat sebesar-besarnya pada anggota. Customer focus mengarahkan koperasi pada efisiensi yang berorientasi pada penguatan usaha anggota. Dengan strategi itu, koperasi dapat meraih dua tujuan sekaligus, yaitu memenuhi kepentingan dan tujuan ekonomi para anggotanya yang sekaligus digunakan untuk menunjang bisnis koperasi itu sendiri.

Keywords:  Koperasi, customer focus, penguatan UMKM

 

Recently the economic period is getting harder to face by the bussiness sector. UMKM sector with various weaknesses it has faced with increasingly complex challenges. The existence of the UMKM sector will be stronger if integrated into larger businesses. Cooperatives are business entities that have the potential to strengthen and integrate the UMKM sector. Therefore, cooperatives must continue to improve themselves in increasing their capacity as highly competitive business organizations. So that together the UMKM actors gathered strength through cooperatives and together can strengthen their position and competitiveness. This study aims to provide a strategy perspective that can be applied by cooperatives to focus on the quality services provided to their members. With a focus on the best service provided to members (customer focus), the cooperative can provide benefits to its members. Providing benefits will have an impact on the trust and loyalty that members give to the cooperative. The study was conducted using qualitative methods, data was collected by individual and group interview methods, observation and documentation. Eight people were taken as interviewees , there are, managers, public relations and six members of the SAE cooperative. The results shown that the implementation of customer focus brought about maximum benefits to members. Customer focuses on directing cooperatives to efficiency that is oriented towards strengthening member businesses. With this strategy, cooperatives can achieve two goals at once, firstly to meet the economic interests and objectives of its members and second which are also used to support the cooperative business itself.

Keywords:  cooperative, customer focus, UMKM strengthening

References

Badan Pusat Statistik RI, 2017, katalog publikasi BPS, no.122001, no.publikasi. 02130.1802, tgl rilis. 2018-05-16

Baga. Lukman Mohammad, 2003, Peran Wirakoperasi dalam Pengembangan Sistem Agribisnis Kajian terhadap Pengembangan Agribisnis Persusuan di Indonesia, Disampaikan pada Seminar Dwibulanan ISTECS Eropa, pada tangal 5 Juli 2003 di Pusat Studi Asia Tenggara Universitas Frankfurt am Main, Peneliti ISTECS Eropa

Goetsch, D. L., dan Davis, S., 1994, Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs: Prentice Hall International, Inc

Heiko Gebauer and Christian Kowalkowski, 2012, Customer-Focused And Service-Focused Orientation In Organizational Structures, Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 27, Issue 7, pp. 527–537.

Hendar, 2010, Manajemen Perusahaan Koperasi, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Manajemen Dan Kewirausahaan Koperasi, Erlangga

Hidayaturrahman. A, Penyampelan, diunduh di: https://www.academia.edu

Hogg, Michael A., Graham M, Vaughan. (2007). Social Psychology, Pearson/Prentice Hall.

ICA (International Co-operative Alliance) magazine, 2013, BluePrint For A Co-operative Decade

Khikmah. Siti Noor, Arif Fajar Wibisono, 2012, Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Perkembangan Usaha Koperasi Di Kota Magelang, Penelitian Dosen pemula, Universitas Muhammadiyah Magelang

Kumorotomo. Wahyudi, 2008, Perubahan Paradigma Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Koperasi Dan UMKM, Makalah ditulis sebagai Background Study RPJMN Tahun 2010-2014 Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Bappenas, September 2008. Penulis adalah dosen pada Jurusan Administrasi Negara, Fisipol, Universitas Gadjah Mada.

LPPI dan Bank Indonesia, 2015, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia, September, 2015

Mardiana, Selvy, Manfaat Program One Village One Product, Citra Koperasi Dan Minat Masyarakat Menjadi Anggota Koperasi, Coopetition Vol VIII, Nomor 1, Maret 2017, 55 - 66

Putra. Adriansyah Wijaya, Hendang Setyo Rukmi, Hari Adianto, 2014, Peningkatan Minat Mahasiswa untuk Menjadi Anggota Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Itenas Berdasarkan Teori Pembentukan Kelompok, Reka Integra ISSN: 2338-5081 Itenas, No.04, Vol.02

Sousa. Rui, 2003, Linking quality management to manufacturing strategy: an empirical investigation of customer focus practices, Journal of Operations Management 21 (2003) 1–18

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles