PENGARUH BRAND ASSOCIATION DAN BRAND AWARENESS TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA START UP FINTECH OVO

Authors

  • Rio Era Deka Universitas Islam Malang
  • Nurhajati Nurhajati Universitas Islam Malang
  • Nuzulul Rachma Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i1.2702

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh tidak langsung Brand Association dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust pada start up OVO. Jenis penelian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna OVO pada mahasiswa Universitas Islam Malang di Kota Malang, Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Pengaruh tidak langsung antara variabel brand Awareness  terhadap brand loyalty melalui variabel brand trust diperoleh dari hasil pengaruh langsung antara variabel brand awareness terhadap brand trust dan pengaruh langsung antara variabel brand trust terhadap variabel brand loyalty sehingga pengaruh tidak langsung. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh tidak langsung variabel brand association dan brand awareness terhadap brand loyalty melalui brand trust, serta semakin tinggi brand trust  maka brand loyalty akan semakin meningkat.

Kata kunci : Brand Association, Brand Awareness, Brand Trust, Brand Loyalty

 

The purpose of this study was to find out the indirect influence of Brand Association and Brand Awareness on Brand Loyalty Through Brand Trust at the start up of OVO. This type of research is explanatory research using a quantitative approach. The population in this study were OVO users in Malang Islamic University students in Malang City, East Java. The sampling technique was done by purposive sampling and obtained a sample of 120 respondents. The results showed that the indirect effect of brand awareness on brand loyalty through brand trust variables was obtained from the direct effect of brand awareness variables on brand trust and the direct effect of brand trust variables on variable brand loyalty so that indirect effects. This can be interpreted that there is an indirect effect of brand association and brand awareness of brand loyalty through brand trust, and the higher brand trust, brand loyalty will increase.

Keyword : Brand Association, Brand Awareness, Brand Trust, Brand Loyalty

References

A Aaker, David A. (2008) Manajemen Ekuitas merek. Jakarta: Mitra Utama

Amstrong, M. (2002). Performance Management. Kogan Page Ltd. New York. A. Shimp

Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Alma, Buchari. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Keenam. Alfabeta. Bandung.

Cooper, Donald R. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke-5, Jilid 2. Erlangga : Jakarta.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi 1.Penerbit BPFE. Yogyakarta.

J.Setiadi 2010. Perilaku Konsumen, KENCANA prenada media group :Jakarta

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta. Bumi Aksara.

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management. The Millenium Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall International, Inc

Kotler, Philip dan K. L. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Ed.12. jilid1. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta : PT. Prehallindo.

Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13, Jilid 1. Terjemahan: Bob Sabran. Erlangga : Jakarta.

Oentoro, Deliyanti, SE., MM. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan 12.Yogyakarta : LaksBang Pressindo.

Radiosunu. (2001). Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Analisis. Edisi Kedua.Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business,Metodologi Penelitian Bisnis 2. Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Stanton, William J. (2001). Prinsip Pemasaran. Edisi ketujuh. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. B. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhalindo.

Swastha, Basu dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Terence. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga. Assauri, Sofyan dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2005. Brand Management and Strategy. Yogyakarta : Andi Offset.

https://www.ovo.id/faq

Andri Donnal Putera "Melihat Strategi "Open Platform" Ala OVO", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/28/090900226/melihat-strategi-open-platform-ala-ovo. Diakses 21 oktober 2018.

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles