PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HIJAB MEDYNA COLLETION SITUS SHOP ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.33474/jimmu.v5i1.3889Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi profitabilitas dengan Kualitas konsumen dan Kepercayaan merek Loyalitas konsumen sebagai variabel Y, Kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Alat analisis pada penelitjian ini adalah Analisis Path. Sampel dari penelitian ini adalah 95 jumlah orang member atau reseler yang beli di toko hijab medyna colletion malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Analisis yang digunakan meliputi Uji istrumen, Uji normalitas, Analisis data, Uji hipotesis, Uji t dan Uji sobel. menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 17.0 for windows.
95 breseler atau member medyna colletion yang menjadi populasi penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan, Dan kepuasan merek Berpengaruh langsung terhadap Kepuasan konsumen, terdapat pengaruh positif dan signifikan. Kualitas Pelayanan, Dan kepercayaan merek Berpengaruh langsung terhadap Loyalitas konsumen, terdapat pengaruh positif dan signifikan. Kepuasan konsumen Berpengaruh langsung terhadap Loyalitas konsumen, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen. Semakin baik kepercayaan merek maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat atau sebaliknya semakin tidak baik kepercayaan Merek maka kepuasan konsumen akan semakin menurun. Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan merek secara tidak langsung Berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen dengan Kepuasan konsumen, Pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap Loyalitas konsumen. Semakin baik kepercayaan merek maka Loyalitas konsumen akan semakin meningkat atau sebaliknya semakin tidak baik kepercayaan merek maka Loyalitas konsumen akan semakin menurun.
Â
Â
Kata kunci: Kualitas pelayanan, Kepercayaan merek, Loyalitas konsumen dan Kepuasan konsumen
Abstract
This study aims to determine the factors that influence profitability with consumer quality and brand trust Consumer loyalty as Y variable, customer satisfaction as an intervening variable. The analytical tool in this research is Path Analysis. The sample from this study was 95 number of members or resellers who bought at the poor hijab medyna colletion shop. The data collection method used is a questionnaire. The analysis used includes test instrument, normality test, data analysis, hypothesis test, t-test and sobel test using multiple linear regression analysis with the help of SPSS 17.0 for Windows software.
Keywords: Service quality, Brand Trust, Consumer Loyalty and Consumer Satisfaction