PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KURATIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 ANTANG MANGGALA MAKASSAR

Authors

  • Hastuti Mulang

DOI:

https://doi.org/10.33474/manajemen.v2i2.6723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis layanan bimbingan kuratif dan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 13 Antang Mangga Makassar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 13 Antang Manggala Makassar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 175 orang siswa dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode full sampling mengambil seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Antang Manggala Makassar untuk dijadikan responden sebanyak 175 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan layanan bimbingan kuratif telah diterapkan oleh guru berupa pemberitahuan, peringatan, hukuman dan ganjaran. Hal ini berarti bahwa guru BP memberikan layanan bimbingan kuratif kepada siswa yang bermasalah, agar siswa yang bersagkutan terbebas dari kesulitan dan permasalahan yang dihadapi, sehingga siswa memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri dan mengikuti proses pembelajaran di SMA Negeri 13 Antang Manggala Makassar. Kepercayaan diri siswa berada pada penilaian baik. Hal ini berarti guru BP sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, dalam hal ini guru BP telah memberikan layanan bimbingan kuratif kepada siswa yang bermasalah untuk dapat menyelesaikan masalah dan bisa menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk lebih mampu berprestasi di SMA Negeri 13 Antang Manggala Makassar. Layanan bimbingan kuratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri siswa SMA Negeri 13 Antang Manggala Makassar. Artinya layanan bimbingan kuratif dengan indikator pemberitahuan, peringatan, hukuman dan ganjaran menentkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa baik dalam bertingkah laku, emosional dan spiritual.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kuratif, Kepercayaan Diri Siswa

References

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Intruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Bastaman, Hana J. 2015. Integrasi Psikologi Dengan Islam Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Centi. J.P. 2013. Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta. Kanisius.

Crow, Lester D.& Crow, Alice. 2011. Psikologi Pendidikan 2. penerj. Z. Kasijan. Surabaya. Bina Ilmu.

Daries, P. 2014. Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta. Torrent-book.

de Angelis, Barbara. 2010. Self Confident: Percaya Diri Sumber Kesuksesan Dan Kemandirian. Jakarta. Gramedia Pustaka.

Dessler, Gary, 2007. Management of Human Resource. Published by Prentice Hall, New York.

Hakim, Thursan. 2012. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta. Puspa Swara.

Hadi, Sutrisno. 2015. Metode Researc. Yogyakarta. Andi Offset.

Jackson, R, 2004. Strategic Human Resources-Frameworks for General Manager. John Wiley and Sons, Inc, New York.

Kerlinger. 2011. Azaz-azaz Penelitian Behavioral. Diterjemahkan oleh Ansung R Simatupang. Yogyakarta: UGM Press.

Kusumawardani, 2016. Manajemen Pendidikan. Penerbit Graha Pustaka, Surabaya.

Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.Cetakan V.

_____________. 2015. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Sears, D.O. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta. Airlangga.

Sukmadinata, Nana S. 2015. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles