STUDI PENGGUNAAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Ratna Juwita Universitas Islam Zainul Hasan
  • Abd. Aziz Wahab Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ivonne Hafidlatil Kiromi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19439

Keywords:

komunikasi efektif, keluarga, anak usia dini

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Bagi anak usia dini cara komunikasi adalah sebuah tantangan untuk menjalani kehidupannya, sehingga anak usia dini harus belajar cara berkomunikasi, terutama komunikasi yang efektif baik dalam lingkungan keluarga maupun sosial, sebab sudah banyak anak yang masih berusia dini cara komunikasinya kurang efektif karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan untuk para orang dewasa atau orang tua bagaimana cara berkomunikasi dengan anak usia dini secara efektif. Subjek penelitian ini adalah para orang dewasa yang akan menerapkan komunikasi efektif untuk anak usia dini. Dalam penelitian kami menggunakan studi kepustakaan (Library Research). Penelitian kepustakaan adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berhubungan dengan penelitian dari jurnal ilmiah, literature dan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lingkungan keluarga cara berkomunikasi dengan anak usia dini yaitu dengan cara menghargai satu sama lain, saling memahami, menyesuaikan gaya berkomunikasi dan membimbing anak dalam hal berkomunikasi yang baik. Sedangkan dalam pendidikan anak usia dini guru harus menjadi komunikator yang baik, memahami karakteristik siswa, memberikan suasana yang nyaman dan aman serta guru harus mampu membentuk hubungan yang dekat dengan siswa agar dapat memudahkan siswa untuk berkomunikasi dengan guru sehingga dapat membangun komunikasi yang efektif. Dengan menerapkan komunikasi yang efektif sejak usia dini, anak akan mampu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, mampu mengekspresikan perasaannya serta anak akan mampu mengembangkan bahasanya saat berkomunikasi.     

References

Abdul Aziz. (2017). Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Mediakita, 1(2), 173–184. https://doi.org/10.30762/mediakita. v1i2.365

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Anggraini, E. S. (2022). Membangun Komunikasi Efektif Verbal dan Non Verbal dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelurahan Negeri Baru. Jurnal Usia Dini, 8(1), 26. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36190

Anis Pusitaningtiyas. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. 1(14), 935–942.

Desiani Natalina, G. G. (2017). Komunikasi dalam PAUD. Ksatria Siliwangi.

Dharma Putra, A. P., & Tagel, D. P. (2019). Komunikasi Efektif pada Anak Usia Dini dalam Pengenalan Ajaran Agama Hindu. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, 14(1), 48. https://doi.org/10.25078/wd.v14i1. 1043

Eviana S. Tambunan, R. N. (2018). Tumbuh Kembang Optimal Anak. Wineka Media.

Faisal, V. I. A. (2019). Implementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qalam, 20(1), 1–20.

Subakti, Hani. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Kita Menulis.

Harjani Hefni. (2015). Komunikasi Islam. Kencana.

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektivitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i1.510

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Journal Educational Research and Sosial Studies, 2, hal. 31.

Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di TK Santa Lucia Tuminting). Jurnal Komunikasi, 21(2), 318. https://doaj.org

Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.

Rahmawati, M. G. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munzir, 7(2), 1–17.

Ridwan Abdullah Sani, M. R. (2022). komunikasi efektif dan hasil belajar. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Rubi Moka Yoga Dirgantara, Karlimah, A. M. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Kartun Animasi Nusa dan Rara Season 3. 6(1), 108–125.

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia. 7(1), 2502–7166.

Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475

Kusumawati, Tri Indah. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Tri Indah Kusumawati. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2), 84.

Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 81–90. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4208

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039

Yohana, N. (2012). Perilaku Komunikasi Verbal dan NonVerbal Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(2), 123–136. https://doi.org/10.20422/j pk.v15i2.709

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Juwita, R., Aziz Wahab, A., & Kiromi, I. H. (2023). STUDI PENGGUNAAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI . Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19439