DAMPAK MODERASI PROMOSI MEDSOS PADA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH

Authors

  • Zairozie Tamim

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v5i2.8901

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer relationship management dan brand trust terhadap keputusan kuliah program magister Pascasarjana UNISMA melalui moderasi promosi MEDSOS. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik proporsional sampling yang merupakan  teknik penentuan sampel dengan proporsi yang rata sesuai populasi tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis) dan juga melalui uji t dengan menggunkanan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa CRM dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat strategi CRM dan brand trust maka akan semakin tinggi tingkat keputusan kuliah. Sedangkan penggunaan promosi MEDSOS dapat menjadi mediator CRM, hal ini berarti semakin baik strategi CRM yang diterapkan dengan pemanfaatan media sosial  maka semakin tinggi pula tingkat keputusan kuliah. Akan tetapi, promosi MEDSOS tidak bisa menjadi mediator pada brand trust terhadap keputusan, hal ini berarti bahwa promosi MEDSOS tidak berpengaruh pada kepercayaan untuk menentukan keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA.

Kata Kunci: Promosi MEDSOS, Customer Relationship Management, Brand Trust, Keputusan Kuliah.

 

This research aims to find out and analyze the influence of customer relationship management and brand Trust on the decision of the graduate program of Master of UNISMA through promotion moderation MEDSOS. The method used in sampling is non probability sampling which is a proportional sampling technique which is a sample determination technique with a flat proportion according to the specific population. Analytical techniques used are quantitative descriptive by using Likert scale, Path analysis and also through Test T with the right SPSS program.Based on the results of data analysis shows that the CRM and brand trusts have a significant effect on the course decisions in the Masters program of UNISMA graduate. This means the higher the level of CRM strategy and brand trust the higher the level of college decision. While the use of MEDSOS promotion can be a mediator of CRM, this means the better CRM strategy applied with the utilization of social media, the higher the level of college decision. However, MEDSOS promotion can not be a mediator on the brand trust, this means that the promotion of MEDSOS has no effect on the trust to determine the decision of the lecture in the master program of UNISMA graduate.

Keywords: MEDSOS Promotion, Customer Relationship Management, Brand Trust, Purchasing Decisions.

References

Aaker, David A. 2008. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Terjemahan oleh Aris Ananda. Cetakan Ketiga. Jakarta: Mitra Utama.

Amoako, George K. et., all. 2012. The Impact Of Effective Customer Relationship Management (CRM) on Repurchase: A Case Study of (GOLDEN TULIP) Hotel (ACCRA-GHANA), African Journal of Marketing Management Vol. 4(1), pp. 17-29, January 2012. Diakses pada 01 Februari 2020.

Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing. Jakarta: PT. Gramedia.

Damayanti, Adila Yeni Rosy. 2017. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada PT. NASMOCO Abadi Motor Karanganyar. Universitas Dipenogoro. Semarang. Diakses pada 04 Februari 2020.

Delgado-Ballester, Elena, Munuera-Aleman, Jose Louis & Yague-Guillen, Maria Jesus. 2004. Development and Validation of A Brand Trust Scale. International Journal of Market Research. Vol. 45/1, p. 35-53 . Diakses pada 01 Februari 2020.

Ellitan, Lena. 2008. Supply Chain Management. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gifano, Afif. 2012. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Universitas Indonesia. Diakses pada 03 Februari 2020.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lau, G. T. & Lee, S. H., 1999. Consumer Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4(4). Diakses pada 02 Februari 2020.

Mamahit, Philius, dkk. 2015. Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Volume 15 No. 05 Tahun 2015. Diakses pada 02 Februari 2020.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahman, Muh. Akil & Samsul. 2018, Iklan, Brand Trust dan Brand Image sebagai Determinan dalam Memilih Kampus UIN Alauddin Makassar. Volume 8, Nomor 2, Desember 2018: 188-204. Diakses pada 08 Februari 2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu & Handoko, T. Hani, 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Taprial, Varinder & Kanwar, Priya. 2012. Understanding Social Media. London: Ventus Publishing ApS.

Pamungkas, Bagas Aji & Zuhroh, Siti. 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus pada Kedai Bontacos, Jombang. Diakses pada 02 Februari 2020.

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles