Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Self Regulated learning

Authors

  • Rida Adelina UIN Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti
  • Christina Khaidir

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19416

Keywords:

Analisis, kemampuan pemahaman konsep matematis, self regulated learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung pula dengan kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Kemampuan ini diperlukan ketekunan belajar mandiri   atau kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learningpeserta didik pada tingkat kemandirian belajar tinggi sudah mampu memahami indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik. Pada tingkat kemandirian sedang, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik ini sudah cukup baik. Sedangkan pada tingkat kemandirian belajar yang rendah, dalam kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih kurang. Dari penelitian ini diketahui bahwa peserta didik pada kemandirian belajar yang tinggi maka kemampuan pemahaman konsep matematisnya akan baik. sedangkan peserta didik yang berkemandirian belajar rendah, kemampuan pemahaman konsepnya pada kategori kurang baik.

References

Amir, Zubaidah; Risnawati;. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika.

Andianti, Triana dkk;. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self regulated learning siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika , 3.

Anwar, Syahrul dkk;. (2019). Pengaruh Kontextual Teaching and learning dan self regulated learning terhadap kemampuan koneksi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 3.

Fadilah, Riri Ropidatul;. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Sigi Empat ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika.

Fajar, Ayu Putri , dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 09.

Febriyanti, Fitria; Imami , Adi Ihsan;. (2021). Analisis self regulated learning dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika.

Ismail, Muhammad Ilyas;. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Ruswana, Angra Meta; Zamnah, Lala Nailah;. (2018). Korelasi antara self regulated learning dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Jurnal pendidikan matematika.

Sardiman;. (2016). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta.

Sepriyanti, Nana;. (2012). Guru Profesional adalah Kunci Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Al-Ta'lim, jilid 1.

Slameto;. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sofiah, Evi Siti; Nurjamil, Dedi;. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik siswa SMP ditinjau dari kemandirian belajar.

Suraji, dkk. (2018). analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi siatem persamaan linear dua variabel. Journal of mathematics education, 04.

Warmi, Attin;. (2019). Pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi lingkaran. Jurnal pendidikan matematika, 08.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Rida Adelina, Nana Sepriyanti, & Christina Khaidir. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Self Regulated learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(1), 46–50. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19416