PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATAKULIAH KALKULUS

Alfiani Athma Putri Rosyadi

Abstract


Kalkulus Peubah Banyak merupakan salah satu bagian dari kalkulus yang di dalamnya terdapat pengkaitan antara matakuliah Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral yang sudah diperoleh oleh mahasiswa pada semester sebelumnya. 80% mahasiswa tidak bisa menjawab definisi dari turunan dan integral saat dosen membahas pengetahuan prasyarat tersebut. Modul merupakan salah satu alternatif yang dapat ditawarkan untuk mahasiswa karena pembelajarannya bersifat individual. Hal ini diharapkan mahasiswa yang berkemampuan tinggi dan rendah dapat berkolaborasi dengan baik. Penemuan terbimbing yang dapat mengaktifkan mahasiswa dengan langkah-langkah yang sistematis dapat dikolaborasikan dengan modul pembelajaran. Proses pengembangan modul terdiri dari empat tahap.  Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate).  Pada tahap Pendefinisian dilakukan analisis pendahuluan yang di dalamnya terdapat pengkajian kurikulum dan materi. Pada tahap perancangan dilakukan dengan menyusun modul sesuai dengan kriteria yang ada pada pendekatan penemuan terbimbing. Selanjutnya pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh tim ahli media dan materi yang dalam hal ini mendapatkan kriteria valid. Pada tahap akhir yaitu tahap penyebaran yang terdapat proses uji coba kepada kelompok kecil dengan hasil valid.


Keywords


Modul, Penemuan Terbimbing, Kalkulus

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arief, S. S. Dkk. ( 2006 ). Media pendidikan pengertian, pengembangan, danpemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mbulu, Joseph.2001. Pengajaran Individual. Malang. Yayasan Elang Emas.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompe

tensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. (Edisi revisi). Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung : UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License