KONSEPSI PENGETAHUAN MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG TAHUN 2015/2016 PADA MATERI GEOMETRI

Maya Safrina, Puguh Darmawan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsepsi pengetahuan matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas kanjuruhan malang pada materi geometri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Lokasi penelitian di Universitas Kanjuruhan Malang dengan subjek 6 mahasiswa program studi pendidikan matematika. Instrumen penelitian meliputi peneliti, soal tes, rubrik penilaian tes, pedoman wawancara, lembar validasi dan alat rekam. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) dua mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual ukuran ruas garis, (2) tiga mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual ukuran sudut, (3) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi sudut bersuplemen, (4) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi sudut berkomplemen, (5) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual sifat refleksif kongruensi, (6) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual simbol kongruensi sudut, (7) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi dua garis saling tegak lurus, (8) empat mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural dalam memperoleh sudut lurus, (9) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural postulat pengurangan, (10) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural sifat refleksif dan (11) satu mahasiswa  mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural kongruensi ruas garis.

Keywords


Konsepsi, pengetahuan matematis, Geometri.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 2012. Pemahaman Konseptual dan Prosedural, (Online), (matunisma.blogspot.co.id/2012/05/pemahaman-konseptual-dan-prosedural.html?m=1), diakses 22 Juli 2016.

E. Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Hammer, D. 1996. Misconceptions or P-Primes: How May AlternativePerspectives of CognitiveStructure InfluenceInstructional Perceptions and Intentions?, pp. 97-127, dalam The Journal of Learning Science.

Kurnia, Tri. 2015. Analisi Kemaamppuan Memecahkan Masalah Berdasarkan Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Materi Garis Singgung Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Morris, A. K. dan Hiebert, J. 2009. Mathematical Knowledge for Teaching in Planning and Evaluating Instruction: What Can Preservice Teachers Learn, Vol. 40, No. 5, 491-529, dalam Journal for Research in Mathematics Education.

Nisa’, Nur F. 2015. Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa dalam Memecahkan Permasalahan Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika, (Online), (bufitristkip.blogspot.co.id/2015/06/analisis-pengetahuan-prosedural-siswa.html?m=1), diakses 22 Juli 2016.

Rohiyatun, B. 2011. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi Swasta (Studi Multi Kasus di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram), (Online), (karya-ilmiah, um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/16281), diakses 22 Agustus 2015.

Shen, M. M. 2013. Miskonsepsi dalam Pembelajaran di Sekolah. Nusa Tenggara Barat: Widya Iswara LPMP NTB.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Tim penyusun. 2014. Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang 2014/2015. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.Suharna, Hery. 2013. Berfikir Reflective (Reflektive Thinking) Mahasiswa Calon Guru DalamPembelajaran. KNM XVI Unpad. Bandung

Sunaryo. 2011. Taksonomi Berfikir. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License