PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF ALQURAN

Mulin Nu’man

Abstract


Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam berisi pedoman hidup manusia. Sebagai pedoman hidup manusia, pasti di dalam alQuran tidak hanya memuat pedoman dalam beribadah saja, tetapi memuat pedoman hubungan antar manusia. Salah satu pedoman dalam hubungan antar manusia adalah pedoman yang mengatur cara menuntut ilmu termasuk di dalamnya adalah pembelajaran. Dalam artikel ini, akan disampaikan proses pembelajaran matematika dalam perspektif alQuran. Proses pembelajaran matematika dalam artikel ini merupakan tafsiran dari ayat-ayat alQuran yang dikaitkan dengan konsep pembelajaran matematika yang berkembang sekarang. Prinsip pembelajaran dalam alQuran adalah 1) kegiatan belajar tak dapat diwakili orang lain, harus dialami sendiri oleh siswa, 2) mengajar merupakan upaya untuk membuat orang lain belajar, 3) peran utama pengajar adalah menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar pada diri siswa, 4) pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, 5) saling berinteraksi, saling membantu, saling berbicara asyik dengan apa yang dikerjakan, dan 6) berbagi materi saling bertanya/ menjawab. Pembelajaran matematika dalam perspektif alQuran setidaknya memuat kegiatan-kegiatan sebagai berikut: 1) mengamati, membaca, berpikir (QS 96: 1-5), 2) tanya jawab (QS 55: 13), 3) percobaan (QS. 23: 12-16), 4) diskusi (QS 16: 125), 5) pemberian tugas/pembiasaan (QS 16: 67; QS 2: 219; QS: 4: 43; QS 5: 90),  6) pemecahan masalah (QS 94: 5-8), dan 7) refleksi (QS 2: 31-33).

Keywords


Pembelajaran, Matematika, AlQuran

Full Text:

PDF

References


Abdi, Ali. 2014. The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students’ Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research 01: 37-41

Amrullah, AMAK. 1999. Tafsir al-Azhar Jilid 6. Jakarta: Pustaka Nasional

Ausubel, D., Novak, J., & Hanesian, H. 1978. Educational Psychology: A Cognitive View (2nd Ed.). New York: Holt, Rinehart & Winston)

Departemen Agama RI., 1985. AlQur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. JICA. Jakarta: IMSTEP.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik (ppt). Disajikan dalam Pelatihan Kurikulum 2013. IKIP PGRI Semarang, 30 Juli 2013.

__________. 2013. Permendikbud No 65 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nauvilla, I. 2009. Surah al-Insyirah dan Pemecahan Masalah. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nurdiansah, A. 2010. Pentingnya Belajar Matematika. http://andinurdiansah.blogspot.co.id/2010/10/pentingnya-belajar-matematika.html

Ruseffendi. 1990. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia

Suherman, E. 1986. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta Dirjen Dikdasmen Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License