PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BOYOLANGU

Samsul Bakri

Abstract


Artikel ini merupakan penelitian pengembangan media berbasis pendidikan karakter yang menggunakan kaidah-kaidah pengembangan produk dari Borg & Gall, yang meliputi: pendahuluan, pengembangan, uji lapangan dan diseminasi. Dengan menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan, model pengembangan program pembelajaran, dan langkah-langkah pengembangan media, dapat dihasilkan media pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk mata pelajaran matematika yang efektif. Kualitas media pembelajaran berbasis pendidikan karakter hasil pengembangan ini, dari berbagai aspek dapat dinyatakan baik. Penggunaan media berbasis pendidikan karakter ini dapat berdampak baik terhadap hasil pembelajaran, dan aspek afektif pebelajar.


Keywords


Media Pembelajaran, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2006. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Berkowitz, Marvin W., Melinda C Bier. 2005. What Works In Character Education: A Research-Driven Guide for Educators.Washington DC: Character Education Partnership.

Borg, W.R., & Gall, M.D. 1983. Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman.

Kusoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. "The Return of Character Education"Educational Leadership, Vol. 51 Number 3, 6-11, Nov 1993.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. New York: Bantam Books.

Lickona, Thomas. 2004. Character Matters. New York: Somon & Schuster.

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Miarso, Yusuf Hadi, 2004. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Offset Kerja sama dengan Pustekkom Diknas.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, Muchlas. Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang Pendidikan Karakter. 2011. Bahan Ajar Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.Muzaki, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Game Monopoli Dengan Macro Media Flash Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Untuk Sma Kelas X. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran , 67-74.

Stylianou, D. (2015). Undergraduate Students’ Understanding of Proof: Relationships Between Proof Conceptions, Beliefs, and Classroom Experiences with Learning Proof. Switzerland: Springer International Publishing.

Suartama, I. (2010). Pengembangan Mutimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3, Oktober 2010, hlm.253-262.

Susanah. (2012). Geometri. Surabaya: Unesa University Press.

Suyanto, M. (2005). Multimedia: Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Publisher.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Weber, K. (2015). Effective Proof Reading Strategies for Comprehending. Switzerland: Springer International Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License