PENGEMBANGAN GAME INTERATIF SMARTPHONE BERBASIS ANDROID PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA KELAS X

Authors

  • Muhammad Khoirul Huda Program Studi Pendidikan matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2615

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, game interaktif, smartphone, android, trigonometri

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan game interaktif smartphone berbasis android pada Materi Trigonometri Kelas X. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu Define, Design, Development, Dessimminate. Produk yang dihasilkan berupa game interaktif smartphone berbasis android yang telah divalidasi. Validator ahli materi menyatakan cukup valid dengan persentase skor 78.5%, ahli media pembelajaran menyatakan valid dengan presentase skor 86%, dan praktisi menyatakan valid dengan persentase skor 83.4%Sedangkan hasil validasi pengguna (user) menyatakan modul valid dengan persentase skor 83%Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game interaktif smartphone berbasis android pada yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajadrafindo Persada.

Shoimin,A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakart a: Ar-Ruzz Media.

Setyosari,P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sun, H. (2012). Apa Itu Game?. (Online), (http://hafidsun.wodpress.com), diakses tanggal 12 Juni 2017.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Waston. (2012). Game Adalah, (Online), (https://waston.wordpress.com), diakses tanggal 12 Juni 2017.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Huda, M. K. (2019). PENGEMBANGAN GAME INTERATIF SMARTPHONE BERBASIS ANDROID PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA KELAS X. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(1), 42–51. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2615