PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA STAIR (STUDY CONFIDENT IN PAIR) PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Ihda Mawaddatul ‘Aliyah

Abstract


Mata pelajaran matematika harus dapat memberikan kontribusi sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu desain pembelajaran yang meningkatkan aktivitas peserta didik. Desain pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif. Dalam hal ini pengembang menggunakan dua tipe model kooperatif, yaitu numbered heads together dan think pair share yang dikolaborasikan sehingga menghasilkan model pembelajaran matematika STAIR (Study Confident in Pair) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Pengembangan model tersebut menggunakan lima langkah yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan, dan (5) revisi akhir. Secara keseluruhan pengembangan model tersebut dinyatakan valid oleh ketiga validator yaitu: ahli pembelajaran dengan skor 3,34, ahli desain dan perancang pembelajaran dengan skor 3,36, praktisi dengan skor 3,50, dan hasil rata-rata skor ketiga validator sebesar 3,40 yang memenuhi kriteria kevalidan yang ditetapkan. Sedangkan hasil uji user, dinyatakan praktis dengan skor 3,44 dari pendidik dan skor 3,78 dari peserta didik dan rata-rata skor keduanya adalah 3,61. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran matematika STAIR (Study Confident in Pair) dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Keywords


pengembangan, model pembelajaran matematika STAIR (Study Confident in Pair), materi perbandingan

Full Text:

PDF

References


Fathani, A.H. (2012). Matematika, Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Hermindina, N.T. (2010). Penerapan Kolaborasi Model Numbered Heads Together dengan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Listrik SMK Negri 2 Probolinggo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program S1 Universitas Negri Malang.

Sari, V.Y. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran STADTUS (Kolaborasi STAD dengan Tutor Sebaya) dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V di SDN Klojen Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program S1 Universitas Negri Malang.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License