PENGEMBANGAN MEDIA PMBELAJARAN SMART SNAKE AND LADDER GAME PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Authors

  • Vella Oktavia Rahejeng Pitaloka Rahman MTs Al-Faqihiyah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2618

Keywords:

pengembangan, smart, game, bangun ruang

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan smart snake and ladder game pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Serta melakukan validasi dan uji coba media smart snake and ladder game pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.Dalam pengembangan smart snake and ladder game pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII ini divalidasi oleh tiga validator yang meliputi satu ahli materi memperoleh skor 3,36 satu ahli desain dan media memperoleh skor 3,40 dan praktisi memperoleh skor 3,39 Sehingga dapat diperoleh rata-rata skor dari ketiga validator adalah 3,38, yang artinya media pembelajaran matematika smart snake and ladder game pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII  adalah valid. Sedangkan pada validasi user dalam kelompok kecil memperoleh rata-rata skor sebesar 3,33, yang artinya media pembelajaran matematika smart snake and ladder game pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII  adalah valid.

References

Abidin, Z., & Walida, S. E. (2014). The Model Of Mathematics E-Portofolio Assesment For Senior High School. ARPN Journal of Science and Technology, 4(10) 596-600.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Munir. (2013). Multimedia; Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Rahman, V. O. R. P. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PMBELAJARAN SMART SNAKE AND LADDER GAME PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(2), 69–75. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2618