PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA LKPD PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI SISWA KELAS VIII-B MTS AL-MA’ARIF BOCEK KARANGPLOSO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rizka Rufaidah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam hal komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write menggunakan media LKPD pada materi relasi dan fungsi peserta didik kelas VIII-B MTs Al-Ma’arif Bocek Karangploso tahun pelajaran 2017/2018 yang dilaksanakan pada 27 April-7 Mei 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, yang  terdiri dari 2 pertemuan pada  setiap siklus. Adapun tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terjadi suasana pembelajaran yang kondusif sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik meningkat, dari hasil penelitian, diketahui bahwa siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 55,56% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase keberhasilan mencapai 77,8%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 83,05% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,05%. Sedangkan hasi observasi aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 77,98% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,08%. Serta hasil wawancara pada siklus I yakni 3 peserta didik (50%) menjadi 4 peserta didik (66,67%) merasa senang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan media LKPD. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Keywords


Think Talk Write, relasi dan fungsi, media LKPD, dan kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Nur, M. (2017). Pengaruh Model Pemecahan Masalah Polya Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Fisika Peserta Didik SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN 2407-6902) Vol.3 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License