PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH

Nurul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan media Index Card Match kelas VIIC MTs. Sunan Ampel Siman materi belah ketupat dan layang-layang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada proses peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan media Index Card Match kelas VIIC MTs. Sunan Ampel Siman materi belah ketupat dan layang-layang tahun pelajaran 2016/2017. Deskripsi peningkatannya adalah (1) ketuntasan pada tes akhir siklus I sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 73,67. Sedangkan pada siklus II mencapai 77,78% dengan nilai rata-rata 78,52; (2) hasil observasi kesesuaian kegiatan guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 85,95% sedangkan pada siklus II  mengalami peningkatan menjadi 87,62%; (3) hasil observasi kesesuaian aktivitas siswa dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 80,95% sedangkan pada siklus II menjadi 87,38%; (4) hasil persentase wawancara dari 6 peserta didik pada siklus I mencapai 66,67%  yaitu 4 dari 6 peserta didik menyatakan senang dan pada siklus II menjadi 83,33% yaitu 5 dari 6 peserta didik menyatakan senang dengan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan media Index Card Match.

Keywords


model pembelajaran Advance Organizer, media Index Card Match, kemampuan berpikir logis

Full Text:

PDF

References


Ardayati. (2015). Pemanfaatan Media Index Card Match untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP. Lubuklinggau: STKIP PGRI Lubuklinggau.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basleman, A., & Syamsu, M. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budi & Mega. (2014). Identifikasi Kemampuan Berfikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Surabaya.

Huda, M. (2013). Model model pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim & Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya offet.

Purnomo. (2006). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Surakarta: Teguh Karya.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License