PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA EKONOMI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI, UNVERSITAS PAMULANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Nisak Ruwah Ibnatur Husnul

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini masih konvensional yang cenderung berpusat pada dosen, mahasiswa pasif dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang banyak melibatkan mahasiswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar adalah metode problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode problem posing dalam pembelajaran matematika ekonomi lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa reguler B semester I (satu) jurusan akuntansi Universitas Pamulang tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil 2 kelas menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas 01SAKM008 sebagai kelas eksperimen dan kelas 01SAKM012 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan rumus chi-kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji bartlet, dan uji hipotesis dengan uji-t dengan bantuan aplikasi program SPSS.

Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan db = 56 menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan rata-rata kualitas pembelajaran matematika ekonomi mahasiswa dengan metode problem posing dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung = 3,55 > ttabel = 2,004 maka H0 ditolak H1 diterima. Dan (2) kualitas pembelajaran matematika ekonomi mahasiswa dengan menggunakan metode problem posing lebih efektif daripada pembelajaran matematika ekonomi menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat di lihat dari nilai thitung = 2,65 > ttabel = 1,673 maka Ho ditolak H1 diterima.


Keywords


metode problem posing, kualitas pembelajaran, metode pembelajaran langsung

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Annis Isnaini. (2006). Metode Pembelajaran Problem Posing pada kegiatan Pembelajaran ditinjau aktifitas Mahasiswa. Yogyakarta.

Arends Asikin. (2001). Learning to Teach. NewYork: Mc.Grawhill.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta:

Bumi Aksara.

Brown, S.I. dan Walter, M.I. (1990). The Art of Problem Posing (second edition). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

_________________________. (1993). Problem Posing: Reflection and Applications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Dimyanti & Moedjiono. (1994). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud. Echols & Shandily. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.

Edy Yuwantoro. (2005). Perbedaan Prestasi Belajar ditinjau dari penggunaan model Pembelajaran. Yogyakarta.

Gay, L.R. (1981). Education Research: Competencies for Analisis and Aplication. Columbus:Charles E. Merrill Publishing Company.

Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Paul Suparno. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Patrix, G. & Nix, P. (1989). Educational Assessment and Reporting. London: Harcourt Brace.

Permendiknas. (2006). Standart Kompetensi Lulusan - Standart Kompetensi Pendidikan (SKL-SP) SMK/MAK.

Popham, J.W. (1985). Classroom Assesment. Boston: Allyn Balcon. Romiszowski, A. J. (1986). Designing Instructional System. New York: Kogan Page.

Sari, Virgania. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Dibanding Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotition) Pada Kemampuan Siswa Kelas Vii Semester 2 Smp Negeri 16 Semarang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Tahun Pelajaran 2006/2007.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Soemadi Suryabrata. (1981). Psikologi Pendidikan. Yogyakarata: Reke Press.

Sugihartono. et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Suhaenah Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pemdiknas.

Wiersma William. (1991). Research Methods in Education an Introducing. Boston: Allyn Balcon.

Winkel, W. S. (1983). Psikologi Pendidikan dan evaluasi Belajar. Jakarta: PT.Grame.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License