PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Liyan Setiyanik Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro
  • Junarti Junarti Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro
  • Anita Dewi Utami Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2983

Keywords:

gaya belajar, visual, auditori, kinestetik, aritmatika sosial

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  profil pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaiakan masalah aritmatika sosial yang ditinjau dari gaya belajar, dimana subyek terdiri 31 siswa dari kelas VII D SMP negeri 2 Jiken, yang diambil 6 siswa dengan rincian sebagai berikut yaitu 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar audiotorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari angket gaya belajar, tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil tersebut diperoleh diskripsi profil pemecahan masalah siswa pada masalah aritmatika sosial berdasarkan gaya belajar sebagai berikut: (1) siswa visual (SV) dapat memahami masalah dengan baik, merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana dengan benar dan memeriksa kembali jawaban yang telah dilakukan. (2) siswa audiotorial (SA)  memahami masalah dengan membaca keras, tidak melakukan tahap memeriksa kembali karena lebih suka berbicara. (3) siswa kinestetik (SK) tidak dapat merencanakan penyelesaian dengan baik sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat.

 

References

Arfanuddin, S & Sutji. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smk Kelas X Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3), 433–445.

Aziz, F. A. (2017). Quality Service Education Of Course And Training Institute (Lkp) Dian Gitaya, (online), (http://eprints.uny.ac.id), diaskes 3 Januari 2019.

Damanik, J. (2015). Gaya Belajar Mahasiswa yang Bekerja: Penelitian di STIKIP Purnama Jakarta. JDP, 8 (1), 25-34.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Angkasa.

In’am, A. (2014). The Implementation of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International Education Studies. 7 (7), 149-158.

Indrawati, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2). 91-101

Junarti, dkk. (2018). The Analysis Of Heuristik Desicion Making In Abstract Algebra Proofing. IKIP PGRI BOJONEGORO: PPS UNNES 1-8.

Mahardiningrum, S. A & Novita, R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Jurnal Musharafa. 7 (1), 75-84

Musridik, M. E, Nur & Hendra. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. 1 (1), 23–34

Prabowo, A. Hariyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2 (2), 1-9.

Restami, Suma & Pujani, (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict – Observe – Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ejournal Program Pascasarjana. 3. 1–11

Safrisnti, S. D. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Audiotorial, Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Program Unggulan di Man 1 Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang

Santoso, S. E. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Tesis Tidak Dipublikasikan. Semarang: MIPA UNES

Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2), 75-85.

Utami, A. D. Sa’dijah, C. Subanji, & Irawati. S. (2018). Six Levels of Indonesian Primary School Student’s Mental Model In Comprehending The Concept Of Integer. International Journal of Instruction. 11 (4), 29 – 44, https://doi.org/10.12973/iji.2018.1143a

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Audiotorialal, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 10 (3), 128–132

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dakam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Pembuktian Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 46 (2), 107–113.

Zaif, Sunardi & Diah. (2013). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Menyelesaiakn Soal – Soal Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. 2 (2), 119–132

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Setiyanik, L., Junarti, J., & Utami, A. D. (2019). PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(1), 6–14. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2983